Sukses

5 Tips Jitu Jadi Penjual Handal

Liputan6.com, Jakarta Seperti pepatah lama "waktu adalah uang". Pepatah ini mungkin yang paling tepat menggambarkan kerja seorang tenaga penjualan (sales). Sebab mereka kerap dikejar-kejar target yang dipatok.

Sebab itu, seorang tenaga penjualan harus mampu mengelola waktu agar dapat menjual lebih banyak.

Masalahnya, seorang tenaga penjual sepertinya tidak pernah memiliki cukup waktu untuk melakukan semua tugasnya karena dituntut dengan tugas yang lain.

Alhasil, banyak yang tidak dapat memenuhi target. Tentu Anda tak mau seperti itu bukan?

Sebenarnya bagaimana strategi mangelola waktu yang paling efektif agar Anda dapat menjual lebih banyak produk tanpa membuang-buang waktu?

Berikut lima strategi yang dapat Anda coba, dilansir dari Lifehack, Rabu (15/2/2017):

1. Utamakan Menangani Proyek Sulit Terlebih Dulu

Semua orang tentu memiliki satu atau dua hal yang kurang mereka kuasai. Namun, jika Anda ingin menjadi master terkait manajemen waktu, maka mulailah dari menangani hal sulit.

Proyek yang sulit tentunya akan lebih memakan banyak waktu, tapi bukankah lebih bagus jika diselesaikan dahulu sehingga tak perlu ditunda dan tak menjadi keteter atau terbengkalai.

Jika sudah melakukan proyek yang sulit, sisanya hanya tinggal perlu mengerjakan yang Anda kuasai sehingga semua dapat berjalan.

1 dari 3 halaman

Lupakan Multitasking

2. Lupakan Multitasking

Multitasking mungkin merupakan lencana kehormatan bagi banyak profesional yang sibuk. Namun, tak jarang multitasking justru lebih banyak menyebabkan kerugian.

Bila Anda mencoba mengerjakan dua tugas sekaligus, justru keduanya akan lebih lambat diselesaikan.

Sebaiknya, coba untuk menangani sesuatu sampai akhir sebelum beralih ke tugas lain. Hal ini justru lebih memungkinkan Anda untuk menyelesaikan segala sesuatu lebih cepat daripada mencoba untuk mengatasi semuanya sekaligus.

3. Sebisa Mungkin Jauhi Email

Email yang terikat ke smartphone justru menjadi pengganggu karena banyaknya pesan yang masuk setiap hari. Waktu Anda lebih baik digunakan untuk hal yang lebih penting dibandingkan hanya memeriksa email sepanjang hari.

Mungkin banyak tenaga penjualan yang masih ragu-ragu menerapkan hal ini karena takut kehilangan sesuatu yang penting, seperti klien besar.

Namun, tenang saja karena ada beberapa solusi untuk masalah ini, salah satunya Anda bisa mengatur notifikasi untuk memberitahu Anda ketika sesuatu yang benar-benar mendesak masuk (dari klien tertentu, dan lain-lain).

Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa hanya email penting yang mendapatkan perhatian Anda segera.

2 dari 3 halaman

Utamakan Telepon dibanding Berkirim Pesan

4. Utamakan Telepon Dibanding Berkirim Pesan

Anda akan lebih efisien dalam membuat panggilan (telepon) dan meninggalkan pesan. Sama halnya seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa pesan hanya membuang-buang waktu.

Mulailah untuk mengurangi mengirim pesan dan lebih baik mencoba untuk telepon agar tidak membuang waktu untuk membalas.

5. Membuat Prioritas Tugas

Cara terbaik untuk memastikan semuanya akan berjalan baik adalah dengan menjadwalkan semuanya sebaik mungkin.

Prioritaskan tugas masing-masing dalam tiga cara, yaitu tugas-tugas yang harus diselesaikan hari itu, tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam beberapa hari ke depan, dan tugas-tugas yang Anda ingin menyelesaikan jika punya waktu.

Dengan begitu, Anda dapat mengerjakan semuanya tanpa ada yang terlewat. (Fitriana Monica Sari/Nrm)