Sukses

7 Cara agar Lebih Disenangi Rekan Kerja

Dukungan dari rekan kerja dapat dengan lebih mudah membuat kita menyelesaikan pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Tugas utama seorang karyawan memang bekerja, tapi sebagian dari kita lupa untuk menjaga komunikasi antar sesama rekan kerja.

Padahal, hal tersebut merupakan kebutuhan agar terus termotivasi dan mengenal satu sama lain. Bila Anda tidak kenal bagaimana rekan kerja ingin senang dengan Anda?

Berikut agar Anda bisa lebih disenangi rekan kerja melansir karir.com, Senin (21/11/2016):

1. Peka terhadap lingkungan sekitar

Sebagian karyawan hanya peduli pada dirinya sendiri, sampai lupa bahwa lingkungan sekitarnya sangat penting untuk diperhatikan.

Seperti inisiatif mengerjakan tugas sebelum mendapat seruan dari atasan, atau ketika Anda melihat ada sesuatu yang salah di tempat kerjamu, jadikanlah diri Anda sebagai orang yang mencetus adanya perbaikan.

2. Beri sapaan pada rekan kerja sebelum memulai pekerjaan

Agar menjadi karyawan yang menyenangkan, berilah sapaan minimal satu kali sebelum memulai pekerjaan pada rekan kerjamu.

Kalau Anda bukan orang yang terbiasa menyapa duluan, Anda bisa memberi senyuman, dengan begitu Anda akan lebih berani menyapa mereka di kemudian hari.

Mengobrol

3. Sempatkan waktu untuk mengobrol di waktu istirahat

Pernah mengalami kesulitan untuk mengobrol dengan rekan kerja saat sedang bekerja? Tak perlu khawatir dengan keadaan ini, karena Anda masih bisa mengobrol dengan rekan kerja di waktu istirahat atau saat jam makan siang.

Manfaatkan jam makan siang ini untuk membangun hubungan baik dengan rekan kerja, siapa tahu darinya kita dapat ide-ide inovatif yang bisa dikembangkan di pekerjaan.

4. Selalu inovatif

Menyelesaikan pekerjaan merupakan kewajiban kita sebagai karyawan, tapi tak jarang yang menunda atau menunggu perintah untuk menyelesaikannya. Padahal, kalau kita mau menyumbangkan ide-ide yang inovatif justru akan membuat kita semakin dikenal baik oleh rekan kerja bahkan atasan.

Dan dengan selalu berinovasi, bukan hanya perusahaan yang sedang Anda kembangkan, tapi juga diri Anda sendiri.

5. Sering mengucapkan kata “Tolong”, “Maaf”, dan “Terima Kasih”

Meski terdengar sepele, ucapan “terima kasih” dan “tolong” sangat berdampak besar. Dengan sering mengucapkan tiga kalimat tersebut, Anda akan lebih mengapresiasi dan menghargai apa yang rekan kerja beri atau lakukan.

Melalui ketiga kata ini juga, Anda akan dikenal sebagai pribadi yang rendah hati dan pandai berterima kasih.

Saling menghormati dan menghargai

6. Saling menghormati dan menghargai

Setiap orang akan senang apabila dihormati dan dihargai, begitu pun dengan kita. Terlebih di lingkungan kantor yang terdiri atas banyak kepala dengan pola pemikiran yang berbeda-beda.

Dari sini Anda bisa belajar untuk lebih menghormati agar dihormati, dan menghargai agar dihargai kembali. Karena hidup bukan hanya perkara diri sendiri, tapi tentang “tabur tuai”, saat Anda berbuat baik, maka kebaikan yang akan Anda dapatkan.

7. Rajin dan semangat bekerja

Tunjukkanlah kerajinan dan semangat di tempat kerja. Karena semangat dapat menular seperti wabah. Jadi ketika Anda bersemangat, maka sekitar akan menangkap energi positif tersebut.

Hal lain yang bisa membuat Anda disenangi adalah perihal kerajinan, sesederhana rajin datang tepat waktu misalnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.