Sukses

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Terima Pekerjaan

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan sebelum Anda menerima pekerjaan di perusahaan nantinya.

Liputan6.com, Jakarta - Rasa senang akan terasa saat mendapatkan kabar bahwa Anda diterima kerja. Sikap spontan yang membuat Anda senang akan hal itu akan membawa beragam emosi seperti penasaran, girang, bahkan Anda akan langsung mengabarkan keluarga bahwa sudah diterima kerja.

Senang boleh saja, tetapi Anda tidak boleh asal terima tawaran kerja yang dimana hasilnya nanti akan merugikan Anda. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan sebelum Anda menerima pekerjaan di perusahaan nantinya.

Dilansir dari karir.com, Kamis (24/11/2016), berikut ulasannya:

1. Lihat reputasi kantor

Baiknya Anda usaha untuk browsing dulu di Internet mengenai perusahaan yang sudah menerimamu sebagai karyawan. Ini sangat penting untuk mengetahui seberapa baik reputasi kantor yang menerimamu bekerja, karena di zaman sekarang tidak sedikit perusahaan illegal yang bisa menipu calon pegawai.

2. Baca offering letter dengan teliti

Sebelum Anda menandatangani offering letter, ada baiknya Anda membaca dengan teliti dan bertanya pada pihakHRD jika ada yang belum paham. Di dalam offering letter biasanya berisi poin-poin yang harus Anda setujui dan patuhi selama menjadi pegawai baik mengenai jobdesk, fasilitas yang di dapat dan bahkan gaji.

Jika memang sudah cocok, Anda bisa menandatanganinya, namun jika tidak ada baiknya tahan dulu, karena tanda tangan yang Anda bubuhkan merupakan kesepakatan yang dilindungi oleh hukum.

Selanjutnya

3. Deskripsi tugas

Jika Anda sudah dinyatakan diterima bekerja dalam sebuah perusahaan, ada baiknya Anda bertanya lagi dengan jelas mengenai deskripsi kerja yang akan dilakukan. Karena banyak sekali perusahaan nakal yang di mana mempekerjakan karyawannya terkadang di luar batas tanggungjawabnya.

4. Perhatikan lingkungan kerja

Setelah itu, coba Anda perhatikan lingkungan kerjanya. Menciptakan suasana yang kondusif sangat penting dilakukan di lingkungan kerja agar bisa menghasilkan kinerja yang produktif dan inovatif.

5. Jenjang karier

Yang terakhir bisa Anda lakukan sebelum mulai meniti karier dan menandatangani offering letter, sebaiknya tentukan dulu tujuan Anda ke depannya. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan apakah pekerjaan yang ditawarkan sekarang bisa menunjang kariermu untuk ke depan atau tidak.

Dan pastinya Anda perlu ingat, pekerjaan yang akan Anda jalani bukan sebagai pelarian, tetapi jadikan itu sebagai fasilitas untuk pengembangan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.