Sukses

Pertamina Ajak Perusahaan Lokal Ikut Garap Proyek Kilang

Pertamina terus berupaya meningkatkan kandungan dalam negeri di setiap proyek.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) terus berupaya meningkatkan kandungan dalam negeri di setiap proyek strategis perseroan. Salah satunya dalam pembangunan kilang minyak di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dalam pembangunan kilang Balikpapan, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto menerapkan sistem yang pernah diterapkan saat dirinya menjadi Direktur Utama Semen Indonesia.

Sistem yang ia terapkan adalah pembangunan dengan sistem swakelola. Swa kelola ini dilakukan dengan cara proyek kilang dibagi ke dalam beberapa bagian.

"Kalau bangun kilang itu dengan proyek besar, pasti EPC-nya dari luar negeri yang dapat. Untuk itu saya akali biar lokal kontennya lebih banyak, saya pakai sistem swakelola. Jadi kontraktornya di Balikpapan tidak satu, tapi banyak," kata Dwi Soetjipto dalam acara Sarasehan Nasional Alumni Teknik Elektro ITS di SCTV Tower, Jakarta, Sabtu (19/11/2016).

‎Dengan sistem itu, proyek yang dinyatakan memiliki investasi Rp 65 triliun tersebut dibagi enam bagian sehingga banyak perusahaan dalam negeri yang turut berpartisipasi. Hal itu membuat kandungan dalam negeri akan lebih banyak.

Dwi mengungkapkan langkah yang diambilnya sudah mendapat restu dari Presiden RI Joko Widodo dan itu sejalan dengan program yang ditujukan selama ini. Untuk itu, dia berharap perusahaan lokal nasional yang memiliki produk‎ mumpuni untuk menyampaikan ke pemerintah.

"Jadi tolong bagi yang memiliki produk yang bisa kita gunakan, didaftar lalu disampaikan ke kita. Nanti kita akan sodorkan ke investor, kalau bisa pakai dalam negeri mengapa harus dari luar negeri," terang dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini