Sukses

14 Cara Jenius Simpan Uang Saat Liburan

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyimpan uang saat berlibur.

Liputan6.com, Jakarta Waktu liburan sebentar lagi akan tiba. Setiap orang berlomba-lomba untuk mengumpulkan uang demi mewujudkan keinginannya untuk perjalanan ke suatu tempat yang sudah lama diinginkan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyimpan uang saat perjalanan, bahkan ada beberapa cara jenius yang mungkin tak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Apakah saja itu? Dilansir dari laman Buzzfeed, Sabtu(26/11/2016),  Berikut cara jenius untuk simpan uang saat perjalanan yang dapat Anda coba:

1. Memakai paket wisata murah yang ditawarkan secara online

Anda dapat mencoba memakai paket wisata murah yang ditawarkan secara online agar menghemat pengeluaran. Saat memilih paket wisata, sebaiknya bandingkan antara satu paket dengan paket lainnya agar sesuai dengan pengeluaran yang ingin dikeluarkan.

2. Fleksibel dengan rencana Anda

Jika Anda ingin melakukan perjalanan ke tempat tertentu, fleksibel tentang waktu. Jika Anda ingin melakukan perjalanan pada waktu tertentu, fleksibel tentang lokasi. Pilih salah satu, jangan keduanya.

3. Meminta uang tunai atau hadiah kartu yang berhubungan dengan perjalanan

Kebanyakkan orang pasti akan memberikan uang atau hadiah kartu pada saat perayaan seseorang, seperti ulang tahun, kelulusan, dan lain-lain. Maka, manfaatkanlah hal ini.

Membawa makanan sendiri

4. Membawa makanan sendiri

Bawalah makanan dari rumah sehingga dapat menghemat lebih banyak uang untuk perjalanan Anda.

5. Mendirikan sebuah perjalanan otomatis di rekening tabungan bank Anda

Atur rekening tabungan untuk tidak dapat diakses dari internet banking sehingga Anda tidak pernah memiliki godaan untuk mentransfer uang lebih dan menghabiskannya.

6. Meminta waktu off dari pekerjaan dimulai pada pertengahan minggu

Sering kali harga tiket mahal saat waktu libur. Sebaiknya, Anda meminta waktu off dari pekerjaan dimulai pertengahan minggu. Dengan begitu, Anda dapat mengambil keuntungan dari tiket yang lebih murah sehingga dapat menghemat pengeluaran.

7. Melihat biaya dua penerbangan, satu arah dahulu

Sebelum pemesanan penerbangan pulang-pergi, sebaiknya Anda melihat biaya dua penerbangan satu arah dahulu. Kadang-kadang dengan cara seperti itu Anda akan mendapatkan tiket yang lebih murah.

8. Menggunakan transportasi umum

Sebaiknya Anda menggunakan transportasi umum, seperti yang dilakukan penduduk setempat lakukan. Dengan begitu, tentunya Anda akan lebih hemat.

9. Jangan banyak memesan makanan

Sekalipun Anda sangat lapar, jangan memesan banyak makanan. Selain Anda boros, takut makanan yang Anda pesan akan terbuang percuma.

Menolak menggunakan plastik

10. Menolak menggunakan plastik

Dengan membeli makanan yang tidak dikemas, tentu makanan yang didapat akan lebih sehat dan akan mengurangi biaya. Sama dengan air, gunakan botol air isi ulang dan jangan membeli minuman botol plastik.

11. Belanja di pasar pagi

Dengan belanja di pasar pagi, Anda dapat membeli makanan ringan yang murah dan tetap dapat menikmati makanan segar seperti biasa.

12. Tidak membayar lebih

Sebaiknya Anda membayar apapun dengan uang pas. Jangan membayarnya dengan uang lebih.

13. Jangan mencoba untuk pergi ke semua tempat dalam satu perjalanan

Biaya terbesar dalam perjalanan adalah transportasi dan akomodasi. Dengan perjalanan lambat, Anda mengurangi kebutuhan untuk sering transportasi dan Anda juga dapat bernegosiasi dengan penginapan karena Anda tinggal lebih lama.

14. Hindari pemesanan di muka sebanyak mungkin

Lebih fleksibel pada rencana Anda agar lebih menghemat biaya. Hindari pemesanan di muka sebanyak mungkin agar tidak membuang uang di tempat yang kurang Anda sukai. (Fitriana Monica Sari)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.