Sukses

15 Pekerjaan Paruh Waktu Terbaik buat Siswa SMA

Dengan memanfaatkan keterampilan yang unik dan kemampuan yang dimiliki, siswa SMA juga bisa menghasilkan uang.

Liputan6.com, Jakarta Semakin mahalnya kebutuhan, memaksa sebagian orang untuk dapat menghasilkan uang tambahan. Beragam cara dilakukan, tak terkecuali dengan bekerja paruh waktu.

Pekerjaan paruh waktu seakan tak membatasi usia pekerjanya, termasuk anak kuliahan, orang dewasa, bahkan hingga lanjut usia. Lalu apa siswa SMA juga bisa melakukan pekerjaan paruh waktu?

Dengan memanfaatkan keterampilan yang unik dan kemampuan yang dimiliki, maka itu sangat mungkin dilakukan.

Lalu apa saja pekerjaan paruh waktu yang dapat dilakukan siswa SMA?

Dilansir dari Moneycrashers.com, Minggu (27/11/2016), berikut beberapa pekerjaan paruh waktu terbaik yang dapat dicoba siswa SMA:

1. Bekerja di Penampungan Hewan

Jika Anda menyukai hewan, bekerja di sebuah penampungan hewan bisa menjadi pekerjaan paruh waktu yang menyenangkan. Terlebih jika Anda ingin menjadi seorang dokter hewan, pekerjaan paruh waktu tentunya dapat menambah pengalaman.

2. Menjual Berbagai Produksi Kerajinan dan Seni

Jika memiliki keahlian seni, Anda bisa menjual berbagai produksi kerajinan dan seni ke beberapa pasar yang menerimanya, terutama pada saat liburan menjelang akhir tahun.

Anda dapat menjual seni dan perhiasan buatan tangan di sebuah festival dengan cara menyewa booth, atau juga dapat menjualnya secara online dengan mendirikan toko online sendiri.

3. Pengasuh Anak

Jika Anda menyukai anak-anak, atau bahkan sering menjadi tempat penitipan saudara atau tetangga yang lebih muda, maka ini merupakan kesempatan Anda untuk menjadi pengasuh anak.

Pengasuh anak dibayar dengan baik atas waktu mereka. Biasanya, pembayaran akan bervariasi, tergantung pada usia pengasuh.

4. Mencuci mobil

4. Mencuci Mobil

Jika Anda benar-benar ingin menambah uang, namun bingung ingin bekerja apa, maka Anda dapat mencoba untuk membantu cuci mobil. Meski dibayar tidak seberapa, namun hal ini dapat menambah uang Anda.

5. Layanan Kearsipan Dokumen dan Foto

Banyak orang membutuhkan dokumen dan foto untuk dipindai, disimpan, dan diarsipkan. Namun, hanya sedikit orang yang memiliki waktu untuk mengambil tugas tersebut. Maka dari itu, inilah kesempatan untuk Anda.

Mulailah bisnis paruh waktu ini dengan jaringan teman-teman orang tua. Anda dapat menawarkan untuk scanning, penyimpanan, dan layanan arsip untuk dokumen dan foto.

Dokumen dapat diarsipkan ke Google Docs, sedangkan foto dapat dipindai dan disimpan di DVD, website, atau komputer.

Anda dapat membuat perjanjian harga untuk setiap jumlah dan waktu untuk foto atau dokumen yang perlu dipindai atau diarsipkan.

6. Karyawan Toko Kelontong

Toko mempekerjakan siswa sepanjang tahun. Ada banyak pekerjaan yang dapat dikerjakan, yaitu mengepel lantai, menyusun barang-barang yang dijual, atau bahkan hingga beroperasi di kasir.

Bekerja di toko mempunyai beberapa manfaat, seperti Anda akan mendapat diskon dan jadwal fleksibel.

7. Menata Taman atau Merawat Halaman Rumput

Jika bingung ingin kerja paruh waktu apa, Anda dapat mencoba menata taman atau merawat halaman rumput. Meski dibayar tak seberapa, namun pekerjaan ini cukup fleksibel.

8. Pengantar pizza

8. Pengantar Pizza

Jika Anda memiliki kendaraan sendiri dan memiliki catatan pengemudi yang baik, Anda bisa mencoba untuk menjadi pengantar pizza. Mungkin pengantar pizza tidak dibayar banyak, namun suka mendapat tips.

9. Jasa Pengepakan dan Pindahan

Jasa pengepakan dan pindahan dapat menjadi salah satu pekerjaan yang dapat dicoba. Meski mungkin bayarannya bervariasi, namun waktunya fleksibel.

10. Asisten Layanan Pribadi

Anda dapat coba untuk menjadi asisten layanan pribadi. Biasanya, asisten layanan pribadi menjalankan beberapa tugas yang diperintahkan, seperti mengajak hewan peliharaan jalan-jalan dan membungkus hadiah.

Jika Anda rajin dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, pelanggan akan memberikan tugas tambahan dan itu artinya juga menambah uang Anda lebih banyak.

11. Staf Restoran

Mungkin upah menjadi staf penunggu restoran tidak seberapa, namun dari pekerjaan ini Anda akan belajar kesabaran, layanan pelanggan, manajemen uang, penanganan makanan, persiapan makanan, dan keterampilan multi-tasking.

12. Pekerja ritel

12. Pekerja Ritel

Mungkin menjadi pekerja ritel hanya mendapat upah sedikit. Namun, dengan menjadi pekerja ritel, Anda akan mendapat berbagai keuntungan, yaitu belajar tanggung jawab, manajemen uang, bagaimana untuk secara efektif menangani pelanggan.

Selain itu, jadwal yang relatif ringan dan dapat bekerja bersama siswa lain tentunya menyenangkan bukan?

13. Guru Privat

Jika Anda menguasai pelajaran, Anda dapat coba untuk menjadi guru privat. Anda dapat menjadi guru privat untuk teman sekelas atau bahkan untuk siswa sekolah dasar.

Sama halnya menjadi pengasuh anak, guru privat juga mendapat uang cukup menjanjikan. Selain itu, guru privat dapat bebas mengatur jadwal dengan klien.

14. Pekerja Gudang atau Distribusi

Jika Anda tidak keberatan menggunakan beberapa tenaga, maka Anda dapat mencoba bekerja paruh waktu untuk bongkar muat persediaan di gudang dan pusat distribusi. Pekerjaan ini cocok untuk siswa karena biasanya bekerja di jam malam.

15. Desainer Web

Anda memiliki keterampilan teknis dalam desain web atau pengembangan web? Jika ya, Anda mungkin dapat coba untuk merancang kerja atau menciptakan website untuk pelanggan.

Bekerja menjadi desainer web, akan membebaskan Anda dalam menetapkan jadwal, mendapatkan uang yang besar, dan mungkin Anda akan dapat mendirikan bisnis yang dapat berlanjut di luar sekolah. (Fitriana Monica Sari/nrm)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini