Sukses

Riset: Masalah Keuangan Pengaruhi Kinerja Pegawai

Pengeluaran yang tidak terencana merupakan sumber utama masalah keuangan warga Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Masalah keuangan ternyata  juga berdampak negatif terhadap performa kerja di kantor. Hal itu juga dialami sebagian warga Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan data SUM180, jasa layanan online perencana keuangan menyebutkan 29 persen pegawai tidak berperforma baik dalam kerjanya lantaran masalah keuangan. Warga AS tersebut biasanya memiliki masalah keuangan antara lain utang menggunung, tagihan yang banyak dan bayar kuliah.

Masalah keuangan ini cukup berpengaruh terhadap performa dan produktivitas kerja. Ironinya, kehadiran dan performa kurang baik di kantor malah dapat berdampak negatif untuk sumber penghasilan utama. Oleh karena itu, perlu perubahan untuk mengelola keuangan sehingga tidak mempengaruhi produktivitas kerja.

Berdasarkan studi Nortwestern Mutual 2016, menyebutkan sekitar 85 persen masyarakat AS khawatir terhadap keuangannya. Sekitar 28 persen, khawatir soal keuangan paling tidak sehari sekali. 67 persen menyatakan kalau keuangannya cukup mempengaruhi kesehatannya.

Pengeluaran yang tidak terencana merupakan sumber utama dari masalah keuangan yang dialami warga AS. Kekhawatiran terbesar yaitu pengeluaran sehari-hari yang sangat besar. Kemudian biaya pensiun, perawatan kesehatan dan kartu kredit juga menjadi masalah bagi warga AS.

Bila Anda tidak ingin alami hal sama seperti itu, ada sejumlah tips untuk mengelola keuangan. Berikut tipsnya seperti ditulis dari laman USA Today, Rabu  (23/11/2016):

1. Buat Dana Darurat

Kadang kita mengalami hal tak terduga antara lain mobil rusak, atap rumah tiba-tiba bocor karena musim hujan, dan lainnya. Nah, hal itu perlu biaya untuk memperbaikinya. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki dana darurat untuk mengantisipasi hal tersebut.

Berapa pun gaji Anda, sebaiknya memiliki dana darurat untuk enam bulan dari gaji Anda. Bila Anda pekerja freelance maka Anda harus lebih besar siapkan dana darurat Anda.

Semakin banyak Anda sisihkan untuk dana darurat maka kekhawatiran akan lebih berkurang. Dengan kekhawatiran berkurang maka dapat kurangi stres dan dapat tidur nyenyak. Hal itu juga berdampak ke performa kerja Anda.

Disiplin

2. Disiplin terhadap Anggaran

Dengan membuat anggaran maka itu dapat membantu bagaimana disiplin untuk mengeluarkan uang. Hal itu jadi tidak membuat Anda stres dan khawatir begitu besar.

Dengan membuat anggaran, Anda dapat mereview kemana saja penghasilan itu dihabiskan, dan dapat memangkas anggaran yang seharusnya tidak perlu.

3. Prioritaskan tabungan pensiun

Biaya pensiun salah satu sumber utama dari kekhawatiran banyak pekerja. Jika Anda masih bekerja mungkin hal itu belum terpikirkan.

Namun, semakin muda Anda mulai menyimpan untuk dana pensiun, maka memiliki kesempatan untuk menghasilkan dana pensiun lebih baik.

Apapun masalah keuangan yang Anda hadapi sebaiknya segera ambil langkah nyata untuk memperbaikinya. Dengan tekanan masalah keuangan berkurang maka juga dapat berdampak positif untuk karier Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.