Sukses

RI Tak Terganggu Bila AS Keluar dari TPP

Menko Perekonomian Darmin Nasution menuturkan, selama ini Indonesia masih mengkaji terkait TPP.

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan Donald Trump agar Amerika Serikat (AS) keluar perjanjian perdagangan bebas Trans-Pacific Partnership (TPP) tidak akan berdampak pada Indonesia. Sebab, saat ini Indonesia belum masuk dalam lingkup perjanjian tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, selama ini Indonesia masih mengkaji terkait TPP. Jadi apa yang terjadi di dalam perjanjian perdagangan bebas tersebut tidak akan berpengaruh pada Indonesia.

"Saya sudah cerita, kita itu juga sedang mempelajari. Jadi kita tidak pernah bilang bahwa kita sudah di dalam. Baru mau. Nah kalau ada yang keluar kan ya tinggal mempelajarinya mungkin lebih mudah," ujar dia di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Selain itu menurut Darmin, keputusan Trump agar AS keluar dari TPP juga belum terealisasi. Sehingga masih ada kemungkinan AS tetap bertahan dalam perjanjian perdagangan bebas tersebut.

"Ya penggagasnya mereka. Tapi itu baru maunya. Jangan dianggap sudah keluar loh. Baru maunya saja," ujar dia.

Sebelumnya Donald Trump menyebutkan kalau AS akan keluar dari TPP ketika mulai bekerja pada Januari 2016. TPP merupakan kesepakatan perdagangan yang ditandatangani oleh 12 negara dan mencakup 40 persen ekonomi dunia. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.