Sukses

Ditolak Kerja? Tenang, 3 Hal Ini Dapat Ubah Nasib Anda

Jika perusahaan impian menolak Anda, tenang masih ada kesempatan.

Liputan6.com, Jakarta - Bagaimana jika CV sudah sempurna, telah dipanggil untuk wawancara, telah mengenakan setelan terbaik, dan semua telah berjalan baik, namun justru kata penolakan yang Anda terima? Tentu pasti sangat mengecewakan.

Jika perusahaan impian menolak Anda, percayalah bahwa semua tidak hilang. Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk bisa mengubah pikiran pewawancara atau mungkin dapat menyebabkan kesempatan lain, apa sajakah itu?

Melansir laman Cheatsheet.com, Kamis (24/11/2016), berikut tiga hal yang dapat Anda lakukan:

1. Meminta Umpan Balik

Anda mungkin sering mengabaikan penolakan dan melanjutkan pencarian kerja atau mungkin malah menyerah begitu saja. Sebaiknya mulai dari sekarang, Anda buang kebiasaan itu.

Jika Anda masih ingin bekerja untuk perusahaan itu, maka jangan malah mengungkapkan kekecewaan atau marah, lebih baik Anda merespons dengan baik dan coba untuk meminta umpan balik.

Anda dapat mencoba untuk tulus menerima pemahaman tentang apa yang salah dan belajar untuk meningkatkan, yaitu dengan cara berterima kasih kepada pewawancara atas waktu dan menegaskan kembali keinginan Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Anda juga dapat menanyakan apa ada cara untuk dapat meningkatkan pencalonan Anda untuk posisi serupa di masa mendatang.

Ahli karier dan mantan perekrut, Jaime Petkanics mengatakan, membalas email penolakan dan meminta umpan balik dapat menjadi cara yang cerdas untuk meninggalkan pintu terbuka. Anda tidak pernah tahu kapan posisi yang sesuai akan tersedia. Sikap positif yang Anda berikan, akan meninggalkan kesan yang baik.

Tindaklanjuti pertanyaan

2. Tindaklanjuti pertanyaan yang tidak dapat Anda jawab dengan Baik

Jika Anda menyadari bahwa Anda gagal menjawab pertanyaan wawancara penting, atau menyadari saat membalas email dengan kurang baik, maka ini kesempatan Anda untuk menunjukkan diri sebelum manajer HRD membuat keputusan keuangan.

Menindaklanjuti dan membenarkan pertanyaan itu menunjukkan tidak hanya Anda serius tentang pekerjaan, tetapi juga menunjukkan Anda adalah tipe orang yang tidak mudah menyerah.

Motivasi adalah sifat kepribadian yang banyak dicari atasan ketika merekrut karyawan baru. Dalam survei Career Builder, kira-kira 66 persen dari pengusaha mengatakan motivasi adalah keterampilan lembut yang penting.

Jadi, hanya dengan mengikuti untuk merevisi pertanyaan, Anda telah menunjukkan sifat positif yang mungkin membalikkan keadaan dalam mendukung Anda.

Ikut program magang

3. Program mahang

Cara lain untuk bisa mendapatkan kesempatan di perusahaan impian adalah dengan menunjukkan bahwa Anda bersedia untuk belajar. Sikap positif adalah sifat lain yang dicari oleh manajer HRD.

Cara menunjukkan bagaimana positif dan motivasi Anda adalah dengan menanyakan apakah perusahaan memiliki program pelatihan. Jika perusahaan menjawab ya, Anda dapat bertanya bagaimana cara agar Anda dapat menjadi bagian itu.

Namun, kalau program pelatihan di perusahaan tidak ada, Anda dapat menanyakan tentang magang. Jika Anda bertekad untuk menjadi karyawan di perusahaan yang diinginkan, sekarang adalah waktunya untuk menjadi fleksibel dan sedikit kreatif.

Anda tidak pernah tahu, hanya dari tekad yang kuat mungkin dapat mengubah pikiran manajer HRD. (Fitriana Monica Sari)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.