Sukses

180 Ribu Wisatawan RI Liburan ke Taiwan dalam 1 Tahun

Taiwan akan berikan program bebas visa bagi wisatawan termasuk Indonesia.

Liputan6.com, Taiwan - Taiwan semakin gencar menggenjot sektor pariwisatanya. Ada beberapa langkah yang dilakukan oelh pemerintah untuk menambah daya tarik Taiwan bagi wisatawan mancanegara. Pemerintah Taiwan juga yakin wisatawan dari Indonesia akan semakin banyak berkunjung ke negaranya.

Direktur Hubungan Internasional Departemen Pariwisata Taiwan Eric Lin menuturkan, salah satu yang tengah dilakukan oleh Taiwan adalah program bebas visa bagi wisatawan, termasuk untuk Indonesia.

"Sekarang sudah free visa untuk Malaysia, Singapura, Thailand dan Brunei. Yang lain seperti Singapura, Filipina sedang kami upayakan," ujar Eric ditemui di kantornya, Taiwan, seperti ditulis Kamis (24/11/2016).

Ia menuturkan, selain bebas visa, negara lain yang wisatawan yang masih menggunakan visa untuk masuk ke Taiwan diberi kemudahan untuk mengajukannya secara online. Dalam hal ini, Departemen Pariwisata Taiwan bekerja sama dengan agen perjalanan di masing-masing negara. "Kita juga lakukan banyak promosi wisata," ujar dia.

Dilihat dari jumlah wisatawan asing yang datang ke Taiwan, di tahun 2015, pertama kalinya jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Taiwan mencapai 10 juta orang. Dia mengatakan, angka itu terbesar dalam sejarah.

Porsinya, lanjut Eric, wisatawan asing paling banyak datang dari  Asia, yaitu mencapai 80 persen dengan rincian 4,18 juta dari daratan China 4,18 juta orang, Jepang 1,63 juta orang, Hong Kong 1,5 juta orang juga wisatawan dari kawasan ASEAN sebanyak 1,65 juta orang.

Dia juga menyoroti wisatawan yang datang dari Indonesia. Di tahun lalu, wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Taiwan mencapai 180 ribu orang. "Saya yakin tahun depan ini akan naik, karena kita lakukan banyak promosi dan upaya untuk meningkatkan itu," jelas dia. (Zul/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini