Sukses

Masyarakat Perbatasan RI-Malaysia Telah Nikmati Gas Bumi dari PGN

Aliran gas bumi dari PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) telah menjangkau wilayah Tarakan, Kalimantan Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Aliran gas bumi dari PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) telah menjangkau wilayah Tarakan, Kalimantan Utara. Wilayah tersebut merupakan perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia. 

Sales Area Head PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) Cabang Tarakan Muhammad Arif menjelaskan, PGN memasok gas bumi di Tarakan sejak 2011. PGN masuk ke Tarakan setelah mendapat penugasan dari Pemerintah Pusat untuk mengambil alih pengelolaan hilir gas bumi dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"PGN mendapat instruksi untuk mengelola Jaringan gas di Tarakan yang sebelumnya dikelola oleh BUMD setempat. Penugasan tersebut mulai kata Muhammad, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Kamis (24/11/2016).

Pasokan gas dari PGN ke Tarakan berasal dari Medco. Saat ini, PGN telah mengalurkan gas bumi kepada 3.366 pelanggan golongan rumah tangga yang terdapat pada dua kelurahan yaitu Karang Balik dan kelurahan Sebengkok.

Secara nasional, PGN menyalurkan gas bumi ke lebih dari ​116.600 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.900 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.580 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

PGN hingga saat ini memiliki dan mengoperasikan pipa gas bumi sepanjang lebih dari 7.200 km atau 78 persen pipa gas bumi nasional.

Adapun wilayah operasi PGN mulai dari Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara hingga Papua Barat. (Pew/Gdn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini