Sukses

Cara Agar Libur Natal Tetap Bermakna Meski Dana Minim

Apapun kegiatan liburan yang akan kamu jalankan pada liburan natal dan tahun baru, harus disesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan Natal dan akhir tahun sebentar lagi datang. Saatnya Anda mulai merancang kegiatan untuk mengisi panjang ini bersama keluarga atau orang-orang terdekat.

Apapun kegiatan liburan yang akan Anda jalankan pada liburan Natal dan tahun baru, harus disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Jangan sampai Anda mengalami overbudget sehingga menguras semua isi tabungan.

Gunakanlah dana untuk liburan Natal dan akhir tahun dari anggaran khusus yang telah kamu siapkan sejak beberapa waktu lalu. Tapi jika belum memiliki anggaran khusus, lakukan liburan yang hemat tapi meriah dan bermakna.

Meskipun hemat, kamu tetap bisa menikmati liburan Natal dengan menyenangkan.

Berikut ini cara hemat tapi bermakna untuk liburan natal, seperti dikutip dari HaloMoney.co.id, pada Senin (28/11/2016):

1. Mengunjungi keluarga

Selama liburan Natal, berkunjung ke keluarga yang jarang Anda kunjungi mungkin menarik untuk dilakukan. Selain bisa menyambung lagi tali silaturahmi dan keakraban, kunjungan ini bisa membawa hiburan tersendiri bagi Anda dan keluarga yang Anda kunjungi setelah lama tidak bertemu.

Anda juga bisa mengunjungi keluarga dekat, yakni adik atau kakak, hingga sepupu, yang mungkin tidak Anda kunjungi dalam beberapa bulan terakhir.

Jangan lupa bawalah buah tangan secukupnya untuk keluarga yang akan Anda kunjungi dan gunakan kartu kredit saat Anda berbelanja. Jika belum memiliki, ajukan kartu kredit Anda sekarang melalui Halomoney.co.id.

2. Memasak bersama

Memasak bersama keluarga dekat bisa menjadi salah satu tips liburan asyik yang bisa Anda lakukan. Undanglah keluarga kakak atau adik untuk datang ke rumah dan rencanakan untuk memasak hidangan kesukaan untuk disantap bersama.

Selain bisa menghemat bujet keluarga untuk makan-makan, lebih murah daripada makan di restoran, kamu bisa semakin akrab dan lebih dekat dengan keluarga dekat.

Gunakan kartu kredit Anda untuk berbelanja berbagai kebutuhan memasak bersama di Supermarket atau merchant lainnya untuk mendapatkan promosi seperti cashback dan diskon.

Baca juga: Ditagih Debt Collector? Jangan Panik, Baca Dulu Tipsnya di Sini

3. Liburan di Taman Terbuka

Berlibur bersama keluarga tidak harus menyewa villa atau menginap di hotel berbintang. Anda bisa mengajak keluarga untuk berlibur di alam terbuka. Misalnya berkemah di halaman rumah.

Menghabiskan malam di dalam tenda di pekarangan rumah memberikan sensasi tersendiri bagi keluarga, terutama anak-anak.

Anda bisa mengajak keluarga dekat untuk berkemah bersama dan melakukan berbagai kegiatan dan lomba yang unik dan ringan. 

4. Wisata di dalam Kota

Pada saat kebanyakan orang Jakarta pergi berlibur ke luar kota atau luar negeri nanti, kota Jakarta akan cukup lengang. Lalu lintas di jalan pun lebih lancar dari biasanya. Mungkin saat itulah berwisata di dalam kota justru menarik untuk dilakukan bersama keluarga.

Di Jakarta banyak loh tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi: Monumen Nasional (Monas), Museum Nasional, Museum Fatahillah di kawasan kota tua, hingga wisata kuliner di Jalan Sabang dan Blok M Square. Dijamin liburan akhir tahun Anda tidak kalah seru!

Setelah lelah berwisata di dalam kota, tiba saatnya Anda berwisata kuliner bersama keluarga di restoran pilihan di Jakarta. Gunakan kartu kredit Anda untuk mendapatkan diskon dan promosi yang berlaku.

Baca juga: Asyiknya Berwisata Malam di Jakarta

5. Menikmati Pergantian Tahun

Cara lain liburan Natal dan akhir tahun yang hemat ialah menikmati malam pergantian tahun bersama keluarga dan orang-orang terdekat di rumah. Anda bisa menggelar suatu acara sederhana menjelang detik-detik pergantian tahun. Seperti bakar jagung, bakar ikan, sate, atau barbeque lainnya.

Jangan lupa membawa kembang api secukupnya untuk sekadar menambah kemeriahan malam pergantian tahun baru. Dan gunakan kartu kredit Anda berbelanja kebutuhan perayaan malam pergantian tahun baru.

Selamat merayakan natal dan liburan tahun baru yang bermakna bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Gunakan situs perbandingan produk keuangan HaloMoney.co.id untuk mendapatkan kartu kredit dan Kredit Tanpa Agunan (KTA) terbaik sesuai kebutuhan Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini