Sukses

5 Tips Kelola Keuangan Pribadi

Bila masih bingung mengelola uang, yuk simak ulasan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah berbicara tentang uang membuat Anda bahagia atau malah bikin pusing? Jika bingung dan masih belum bisa menjawab pertanyaan ini, ada baiknya Anda sudah mulai belajar mengelola keuangan dari sekarang.

Masing-masing orang punya cara berbeda tentang bagaimana mereka mengatur uang pribadinya. Laman Teen Vogue berbagi tips keuangan dan cara mengelolanya dengan baik, berikut penjelasannya seperti ditulis Minggu (27/11/2016):

1. Batasi diri jajan di luar

Sering tergoda dengan ajakan teman untuk sekadar nongkrong di kafe atau makan siang di luar, terutama jika ajakan itu berasal dari teman kerja atau teman sekolah? Memang boleh untuk sesekali jajan di luar, tapi sebaiknya batasi hal itu.

Anda bisa berhemat banyak jika mengurangi makan di luar dengan membawa bekal dari rumah, dan yang pasti bisa menambah tabungan Anda.

2.  Hanya membeli apa yang disukai dan dibutuhkan

Saat berumur dua puluh sampai tiga puluhan apalagi jika mempunyai uang di dompet, ketika jalan ke mal atau pasar melihat barang lucu dan unik, mungkin susah untuk menahan diri tidak membeli barang tersebut.

Pada akhirnya, saat melihat lemari penuh dengan barang-barang tersebut, Anda baru berpikir ternyata tidak semua barang yang dibeli dibutuhkan, malah kadang barang itu tidak Anda sukai. Padahal sudah banyak uang habis hanya membeli barang-barang tersebut.

Oleh karena itu, belilah barang-barang yang memang Anda butuh dan sukai, kelola nafsu belanja yang ada dalam diri. Cara termudah saat melihat dan ingin membeli barang adalah dengan tidak langsung membeli, tapi beri waktu seminggu untuk kembali lagi, selama waktu itu pikir ulang apakah barang tersebut perlu Anda miliki atau tidak.

Mulai Nabung Sedini Mungkin

3. Tidak menggunakan sopir pribadi

Hal ini berlaku buat Anda yang terbiasa menggunakan mobil pribadi saat ke kantor atau sekolah. Jika menyadari keuangan Anda minim, tidak usah gengsi dan menggunakan jasa sopir pribadi.

Menyetir sendiri adalah cara terbaik dan akan lebih baik lagi jika Anda membiasakan diri memakai kendaraan umum seperti taksi, uber, kereta atau transportasi umum lainnya, dan lihat hasilnya Anda dapat banyak keuntungan dengan cara ini. Ini mungkin tidak atau kurang nyaman, tetapi dampaknya dalam jangka panjang Anda akan menghemat banyak uang.

4. Berpikir dua kali sebelum menggunakan kartu kredit untuk belanja

Saat ini banyak toko, mal dan online shop menawarkan belanja murah dan diskon besar jika membayar dengan kartu kredit.

Hal ini memang menggembirakan dan Anda berpikir mendapat untung banyak dengan diskon besar tersebut. Tapi percayalah kebahagiaan itu berlangsungnya hanya sebentar. Meskipun Anda dapat banyak barang, namun hal tersebut  bisa berakhir ketika mendapat tagihan kartu kredit yang membengkak di akhir bulan.

Oleh karena itu, sebelum membuat keputusan belanja menggunakan kartu kredit, pastikan Anda memang benar-benar mampu untuk melunasi cicilan kartu kredit yang ditagihkan.

5. Mulai menabung untuk pensiun sedini mungkin

Ketika baru lulus dan diterima bekerja, kebahagiaan tersendiri bisa punya penghasilan dan mengeluarkan uang untuk apa saja, sehingga berpikir untuk menabung belum terlalu perlu.

Namun, menabung sejak dini sangatlah berharga, terutama jika perusahaan di tempat Anda bekerja tidak menjanjikan banyak fasilitas termasuk uang PHK.

Mulai atur pendapatan dengan menyisihkan sebagian kecil gaji untuk ditabung. Hal ini mengajarkan kedisiplinan dan bertanggungjawab pada diri sendiri untuk menghadapi masa depan Anda. (Dhita K/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini