Sukses

Rusia Lirik Industri Pendingin dan Pengolahan Makanan RI

Salah satu pengusaha luar negeri yang berminat dalam menanamkan investasinya di Indonesia adalah pengusaha asal Rusia.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku telah mengundang beberapa investor lokal, nasional maupun luar negeri untuk membangun industri pengolahan perikanan maupun pendingin di Indonesia khususnya Pelabuhan Untia, Makassar. Pengusaha yang tertarik salah satunya dari Rusia.

"Sulsel ini adalah salah satu provinsi maritim di Indonesia dan saya sudah mengundang beberapa investor nasional dan luar negeri untuk membangun industri pengolahan perikanan," ujarnya seperti mengutip Antara, Minggu (27/11/2016).

Menteri Susi Pudjiastuti mengatakan, berminatnya para pengusaha menanamkan investasinya di Indonesia khususnya di daerah-daerah maritim karena potensi perikanannya yang cukup besar.

Salah satu pengusaha luar negeri yang berminat dalam menanamkan investasinya di Indonesia adalah pengusaha asal Rusia yakni Blackspace Resource.

Investor Rusia itu, kata dia, akan membangun unit pengolahan dan pendingin makanan (cold storage) kapasitas 300 ton yang bekerjasama dengan salah satu BUMN, Perum Perikanan Indonesia (Perum Perindo).

"Yang serius melirik Indonesia membangun industri pengolahan perikanan itu baru Rusia karena memang baru kita memulainya. Perusahannya itu Blackspace Resource," dia menjelaskan.

Susi menyebutkan, diundangnya para pengusaha nasional maupun luar negeri dalam membangun industri itu berdasarkan amanat dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 44 Tahun 2016 Tentang Daftar Bidang Usaha Yang Tertutup dan Bidang Usaha Yang Terbuka Dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal.

"Ini adalah amanat dari Perpres Nomor 44 Tahun 2016. Perpresnya juga masih baru dan setelah kita mengundang beberapa pengusaha, sudah ada yang berminat seperti yang dari Rusia itu," jelas dia.

Dia mengharapkan, dengan dibangunnya industri pengolahan dan pendingin hasil perikanan di Pelabuhan Untia, diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para nelayan.

Selain itu, juga bisa meningkatkan perekonomian Sulawesi Selatan pada sektor kelautan dan perikanan karena potensinya yang sangat besar.(Ant/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti kerap jadi perbincangan karena gayanya yang cuek. (Via: liputan6.com)
    Susi Pudjiastuti adalah pengusaha yang didaulat Jokowi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja 2014-2019

    Susi Pudjiastuti

  • negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia
    negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia

    Rusia