Sukses

Subsidi 900 VA Kena Cabut, YLKI Minta Listrik‎ Tak Sering Padam

Seiring pencabutan subsidi, golongan pelanggan pelanggan 900 VA akan mengalami kenaikan tarif listrik secara bertahap di tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta PT PLN (Persero) untuk menjamin ketersediaan listrik seiring dengan pencabutan subsidi bagi pelanggan 900 Volt Ampere (VA) sejak awal 2017.

Seiring pencabutan subsidi, golongan pelanggan tersebut akan mengalami kenaikan tarif listrik secara bertahap di tahun depan.

Ketua Harian YLKI Tulus Abadi mengungkapkan, ‎ pengaduan pelayanan listrik dalam 10 tahun terakhir masuk dalam posisi 5 besar. Ini karena banyak daerah mengalami krisis listrik sehingga pemadaman sering terjadi, seperti di Kalimantan dan Sumatera.

"Kalau nanti sudah dicabut subsidi 900 VA, tarif kemudian naik bertahap, PLN dan pemerintah harus menjaga perasaan masyarakat supaya ‎tidak semakin gondok, bahwa tarif naik tapi masih byar pet, listrik endut-endutan," ujar Tulus saat Diskusi Energi Kita, Jakarta, Minggu (27/11/2016).

Menurut Tulus, ‎dampak kenaikan listrik biasanya dirasakan masyarakat saat tagihan listrik mulai membengkak. Hal ini sangat mengganggu psikologis konsumen, apalagi jika kualitas pelayanan yang diberikan PLN masih buruk.

"Seharusnya solusinya bukan cabut subsidi. Berikan saja subsidi listrik (tetap) flat. Sebagai contoh Afrika Selatan yang menerapkan batas maksimal pemakaian listrik yang mendapat subsidi 100 KWh yang dirasa cukup untuk rumah tangga miskin, dan penghematan terjadi, supaya tidak jor-joran," papar Tulus.

Tulus berharap, pemerintah dan PLN dapat mengalokasikan anggaran penghematan subsidi listrik untuk menggenjot rasio elektrifikasi mendekati 100 persen, terutama di Indonesia Bagian Timur.

"Kita sudah merdeka 71 tahun, tapi tidak ada listrik di Timur Indonesia, makanya saya mendukung Papua Terang. Jadi subsidi dicabut dan mengalihkannya untuk mempercepat elektrifikasi," tandasnya. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN

  • YLKI merupakan singkatan dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia.

    YLKI

Video Terkini