Sukses

Mau Karier Lancar? Jangan Percaya 5 Mitos Ini Saat Bekerja

Percaya akan mitos ini bukan hanya dapat menghilangkan fokus, produktivitas Anda pun bisa menurun.

Liputan6.com, Jakarta - Saat bekerja, seringkali kita dihadapkan dengan beberapa pemikiran yang menghinggap dan belum jelas asal usulnya. Percaya atau tidak, ternyata banyak mitos di tempat kerja yang hingga hari ini banyak diyakini orang kebenarannya.

Namun begitu, tidak semua mitos ini ternyata benar. Percaya akan hal ini bukan hanya dapat menghilangkan fokus, produktivitas Anda pun bisa menurun.

Berikut lima hal yang seharusnya tidak Anda percaya ketika bekerja dilansir dari Wallstreetjournal.com, Rabu (30/11/2016):

1. Saya tidak akan menemukan pekerjaan yang baik saat tua

Usia bukanlah halangan untuk berkarya. Sama halnya juga untuk melakukan apa yang ingin dilakukan dalam karier. Jika Anda memiliki keinginan besar, maka apa yang ingin Anda gapai bisa pun bisa terwujud.

2. Kalau berhenti kerja, saya akan sulit kembali ke dunia karier

Mitos ini juga tidak benar adanya. Berhenti sementara dari pekerjaan merupakan hak Anda yang bisa dilakukan kapan saja. Walau memutuskan berhenti dari pekerjaan sementara, bukan berarti Anda tidak akan bisa kembali lagi ke dunia kerja.

Banyak orang yang bisa terus berprestasi dalam karier walau telah berhenti kerja dalam waktu sementara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontribusi

3. Saya tidak akan bisa berkontribusi banyak kalau sudah tua

Banyak yang masih bisa dilakukan oleh pekerja bahkan hingga usia senja. Nyatanya, sekarang pekerja berusia tua mengisi posisi penting di banyak perusahaan.

4. Saya hanya bisa bekerja lepas setelah pensiun

Banyak orang menganggap bahwa mereka hanya bisa mengerjakan pekerjaan tertentu setelah pensiun. Padahal, hal ini tidak sepenuhnya benar. Sejak tahun 1995, jumlah orang pensiun yang juga bekerja secara full-time meningkat tiga kali lipat.

5. Sulit membuat bisnis baru jika sudah bekerja

Menurut survey yang dilakukan Ewing Marion Kauffman Foundation, orang berusia 55 hingga 64 tahun merepresentasikan 24,3 persen dari total pebisnis. Hal ini membuktikan bahwa tidak ada halangan apabila Anda memang memiliki niatan yang besar.

Angka wirausaha juga semakin meningkat. Data menunjukkan kini naik 14,8 persen sejak tahun 1996.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.