Sukses

Iklim Investasi RI Tak Surut Meski Ada Demo

Investor cenderung memperhatikan kondisi perekonomian Indonesia secara jangka panjang.

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menilai aksi demontrasi yang telah dan akan berlangsung tak mempengaruhi iklim investasi di Indonesia. Pasalnya, investor cenderung memperhatikan kondisi perekonomian Indonesia secara jangka panjang.

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani mengatakan, saat demo 4 November 2016 lalu dia bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto telah menemui beberapa pengusaha yang berada di Jabodetabek. Pengusaha tersebut berasal dari dalam dan luar negeri. Dia menuturkan, bersama Menteri Perindustrian juga bertemu dengan perwakilan dari luar negeri atau kedutaan.

Hasil dari pertemuan tersebut, lanjut Rosan, para pengusaha tak khawatir dengan adanya demo.

"Yang mereka katakan ini suatu proses demokrasi, tidak khawatir, wajar. Semua negara, di Eropa yang matang demokrasinya malah sering. Mereka percaya fundamental pertumbuhan Indonesia ke depan," kata dia di Menara Kadin Kuningan Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Dia mengatakan, para pengusaha tersebut menanamkan modalnya ke Indonesia bukan hanya untuk jangka pendek. "Dan mereka bilang satu, dua ketiga kejadian tidak akan membuat surut investasi mereka yang sudah tertanam di sini," terang dia.

Sebaliknya, menurut dia, pengusaha justru khawatir pada kebijakan yang tidak konsisten. Kebijakan pengusaha yang tidak konsisten justru langsung berimbas pada kelansungan bisnis.

"Yang lebih ditakutkan bukan demo yang mereka takutkan kebijakan pemerintah yang tidak konsisten," tutup dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini