Sukses

Pengusaha Taksir Rugi Miliaran Rupiah Saat Demo 2 Desember

‎Rencana aksi demo 2 Desember diprediksi menimbulkan kerugian hingga miliaran rupiah.

Liputan6.com, Jakarta ‎Rencana aksi demo 2 Desember diprediksi menimbulkan kerugian hingga miliaran rupiah. Salah satunya disebabkan oleh terhentinya sementara kegiatan perdagangan pada tanggal tersebut.

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat mengatakan, untuk sektor tekstil, adanya aksi semacam ini berpotensi menimbulkan kerugian hingga mencapai Rp 9 miliar. Kerugian tersebut tidak semata timbul pada saat aksi demo berlangsung, tetapi juga akumulasi dampak pada jelang dan sesudah aksi demo.

"Pastinya tidak belum bisa kita hitung. Tapi angkanya bisa mencapai miliaran rupiah, ya mungkin tidak sampai double digit. Artinya memang tidak sampai Rp 10 miliar," ujar dia ujar dia dalam Diskusi Publik dengan tema Dampak Ekonomi Demo 411 di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Dia menjelaskan, untuk sektor tekstil, kerugian paling besar disebabkan karena aktivitas perdagangan yang menurun saat aksi demo tersebut berlangsung. Dia memperkirakan sekitar 50 persen toko-toko yang berada di jalan protokoler di Jakarta akan tutup dan terjadi penurunan transaksi hingga 80 persen.

‎"Pedagang dan toko-toko di jalan protokol 50 persen itu tutup. Dan transaksi menurun hampir 80 persen, mereka tidak belanja," kata dia.

Akibatnya, lanjut Ade, produk-produk yang ada pada gudang di tingkat produsen dan distributor menumpuk. Hal ini dinilai akan menambah besar kerugian yang harus diterima oleh para pelaku usaha.

"Sekarang gudang di pabrik-pabrik hampir penuh. Gudang mereka hampir tidak bisa menampung. Sekarang mereka produksi yang diminta‎ saja. Ini sejak seminggu lalu turun drastis (produksinya). Paling stok hanya untuk 1 hari-2 hari saja, biasanya kan untuk 1 bulan karena mereka tidak mau spekulasi‎," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini