Sukses

49 Persen Kekayaan Indonesia Hanya Dikuasai Segelintir Orang

Liputan6.com, Jakarta - Kesenjangan ekonomi yang terjadi di masyarakat Indonesia semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan data dari Credit Suisse yang mendapuk Indonesia di daftar negara dengan kesenjangan ekonomi tertinggi di dunia. Dalam laporan bertajuk 'Global Wealth Report' tersebut, Indonesia duduk di peringkat keempat.

Melansir Independent.co.uk, Jumat(2/12/2016), angka kesenjangan ekonomi yang terjadi di Indonesia mencapai 49,3 persen. Ini artinya, satu persen orang terkaya di Indonesia mampu menguasai 49,3 persen total kekayaan negara.

Indonesia duduk di peringkat keempat di bawah India dan Thailand. Orang kaya di dua negara ini mampu menguasai lebih dari 58 persen kekayaan negaranya.

Peringkat pertama dalam studi tentang kesenjangan ekonomi diduduki oleh Rusia. Sebanyak 74,5 persen kekayaan negara bisa dikuasai oleh orang kaya di negara ini.

Kesenjangan ekonomi terus menjadi salah satu topik yang dibicarakan oleh negara-negara di dunia. Credit Suisse menyebut bahwa sejak pemulihan krisis global di tahun 2008, kesenjangan ekonomi antara orang kaya dan orang miskin semakin besar.

Secara keseluruhan, Credit Suisse memperkirakan bahwa 50 persen orang termiskin dunia hanya mampu menguasai total 1 persen kekayaan. Sementara 10 persen orang paling kaya di dunia mampu mendapat 89 persen kekayaan.

Sejak tahun lalu, Amerika dan Jepang didapuk sebagai negara yang mampu mendapat pertumbuhan kekayaan paling besar. Sementara itu penduduk negara paling kaya di dunia dipegang oleh mereka yang menetap di Swiss.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar negara

Berikut daftar negara dengan tingkat kesenjangan ekonomi tertinggi di dunia:

1. Rusia
Presentase kesenjangan ekonomi: 74,5 persen.

2. India
Presentase kesenjangan ekonomi: 58,4 persen.

3. Thailand
Presentase kesenjangan ekonomi: 58 persen.

4. Indonesia
Presentase kesenjangan ekonomi: 49,3 persen.

5. Brasil
Presentase kesenjangan ekonomi: 47,9 persen.

6. China
Presentase kesenjangan ekonomi: 43,8 persen.

7. Amerika Serikat
Presentase kesenjangan ekonomi: 42,1 persen.

8. Afrika Selatan
Presentase kesenjangan ekonomi: 41,9 persen.

9. Meksiko
Presentase kesenjangan ekonomi: 38,2 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.