Sukses

Buruh Pastikan Tetap Gelar Aksi Demo 2 Desember

Massa buruh yang akan ikut demo 2 Desember berjumlah 50 ribu.

Liputan6.com, Jakarta Serikat buruh memastikan tetap menggelar aksi demo 2 Desember bersamaan dengan aksi Bela Islam III yang dilakukan GNPF MUI.

Meskipun berlangsung pada hari yang sama, aksi demonstrasi buruh diklaim berbeda, untuk tujuan maupun lokasi.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) ‎Said Iqbal mengatakan, jika massa aksi Bela Islam menggelar demo di dalam Silang Monas, buruh berencana melakukan aksinya di depan Balai Kota.

"Titik kumpul buruh di Balai Kota, tidak di dalam Monas. Dari tempat pemberangkatan, buruh akan turun di Tugu Tani sekitar pukul 10.00 WIB. Dari Tugu Tani kemudian berjalan ke titik kumpul di Balai Kota,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Menurut dia, massa buruh yang akan ikut demo 2 Desember berjumlah 50 ribu. Buruh-buruh tersebut berasal dari Jabodetabek, Karawang, Serang, dan Purwakarta.

Sebagai bentuk perhomatan terhadap aksi Bela Islam III yang dilakukan di dalam Monas, buruh akan melakukan orasi setelah salat Jumat.

Dalam orasi ini, buruh akan menyampaikan tuntutan, antara lain pencabutan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dan kenaikan upah minimum 2017 sebesar 15-20 persen.

Aksi serupa juga akan berlangsung di 15 provinsi, yang dipusatkan di kantor gubernur/bupati/wali kota masing-masing. Di antara provinsi yang akan melakukan aksi adalah Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan lain-lain.

“Hingga hari ini sudah mengonfirmasi 15 provinsi akan melakukan aksi, dari rencana semula 20 provinsi,” tandas dia.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini