Sukses

Ada Lonjakan Penumpang Pesawat karena Demo 2 Desember?

Lonjakan penumpang pesawat terbang biasanya terjadi pada akhir pekan. Lalu, apakah demo 2 Desember bikin kenaikannya signifikan?

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan (Astindo) mencatat adanya lonjakan jumlah penumpang pesawat terbang pada akhir pekan ini. Salah satunya diperkirakan terkait dengan adanya aksi demo 2 Desember 2016.

Wakil Sekretaris Jenderal Astindo Pauline Suharno mengatakan, memang lonjakan penumpang pesawat tersebut tidak bisa dikatakan sepenuhnya akibat pergerakan masyarakat keluar dari Jakarta besar-besaran terkait demo 2 Desember. Sebab, setiap akhir pekan memang biasanya terjadi lonjakan penumpang pesawat.

"Kalau dibilang eksodus bukan karena demo saja, tapi memang kalau weekend rata-rata tiket short haul seperti ke Singapura, Bali, Kuala Lumpur, Yogyakarta, Bangka Belitung, Surabaya, Hongkong, Bangkok itu dan destinasi wisata lain memang penuh. Tidak cuma karena ada demo 2 Desember ini," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Namun jika dibandingkan dengan akhir pekan biasanya, pada akhir pekan ini terjadi lonjakan penumpang pesawat. Namun hal tersebut bisa dikatakan tidak signifikan.

"Dibandingkan weekend biasa memang ada peningkatan, tetapi peningkatannya mungkin juga karena liburan sekolah internasional kan sudah mulai, jadi ada peningkatan di situ juga. Ya kalau ada eksodus karena demo 2 Desember ya mungkin ada, tapi mungkin enggak signifikan," ujar dia.

Pauline juga tidak melihat adanya aksi pembelian tiket pesawat secara dadakan pada akhir pekan ini. Sebab, masyarakat Indonesia biasanya telah memesan tiket pesawat sejak jauh-jauh hari agar lebih murah.

"Rata-rata orang Indonesia itu kalau bepergian pesan tiket kalau sedang ada promo. Apalagi mereka tahu kalau weekend tiket pesawat rata-rata penuh dan agak mahal jadi mereka tahu ada promo jadi beli tiket. Tidak dadakan," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini