Sukses

4 Cara Hadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan

Saat di kantor, terkadang kita harus berinteraksi dengan rekan kerja yang menyebalkan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat di kantor, terkadang kita harus berinteraksi dengan rekan kerja yang menyebalkan. Sayangnya, untuk tidak berkomunikasi dengan mereka tentu tidak mungkin, kecuali Anda atau rekan kerja yang meninggalkan pekerjaan.

Namun jika hal itu tidak mungkin dilakukan, Anda harus berjiwa besar dan belajar menerima rekan kerja Anda. Kalau bisa minimalkan komunikasi dengannya itu lebih baik.

Tapi jika pekerjaan memaksa Anda harus sering berhubungan dengannya, harus ada trik khusus. Berikut empat cara untuk menghadapi rekan kerja yang menyebalkan dikutip dari laman Cheatsheet.com, Kamis (28/12/2016):

 

1. Ajak Bicara

Diskusi langsung

Beberapa orang benar-benar tidak menyadari bahwa mereka berarti atau justru menjengkelkan. Jika Anda menghadapi mereka secara langsung, mungkin mereka benar-benar dapat menghargai kejujuran Anda.

Sebaiknya, mulai sisihkan waktu khusus untuk bertemu dengan rekan kerja Anda secara pribadi agar tidak mempermalukannya. Jelaskan apa yang mengganggu Anda, tapi jangan menyerang atau menuduh mereka memiliki niat buruk jika Anda benar-benar tidak tahu mereka sengaja atau tidak. Jika mereka bereaksi negatif, maka Anda perlu mencoba sesuatu yang lain.

 

2. Lebih menyenangkan

Lebih menyenangkan

Jika diskusi langsung tidak membantu, maka mungkin mengubah perilaku atau sikap Anda dapat menjadi salah satu cara. Menjadi menyenangkan dapat mencairkan hati yang terdingin sekalipun.

Namun, jika hal itu tetap tidak mengubah kepribadiannya, perubahan Anda dalam perilaku ke arah mereka mungkin cukup mengejutkannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikan mereka kesempatan untuk bersinar

3. Berikan mereka kesempatan untuk bersinar

Berikan mereka kesempatan untuk bersinar

Kadang-kadang mungkin ada rekan kerja yang egois. Ada dua pilihan untuk meresponsnya, yaitu dengan mengabaikan perilaku buruk rekan kerja, atau dengan membiarkan mereka bersinar.

Meski tampaknya tidak adil bahwa Anda harus membantu rekan kerja yang menjengkelkan, namun penting untuk diingat bahwa dengan cara itu membuat rekan kerja lebih bahagia, maka kemungkinan mereka akan memperlakukan Anda lebih baik.

Puji ketika mereka melakukan pekerjaan dengan baik, membantu proyek mereka jika Anda bisa, dan menghindari berbicara buruk tentang mereka kepada orang lain di kantor.

 

4. Jauhi

Pergi

Jika Anda sudah mencoba segala sesuatu yang bisa dipikirkan untuk meningkatkan interaksi dengan rekan kerja, maka Anda mungkin perlu untuk melepaskan harapan. Cara lain untuk melepaskan adalah dengan mencoba untuk menghindari rekan kerja Anda.

Akan tetapi, jika rekan kerja sudah keterlaluan, Anda dapat berbicara kepada atasan. (Fitriana Monica Sari)
 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.