Sukses

Ada Aksi Damai 2 Desember, KRL Beroperasi Normal

Liputan6.com, Jakarta PT KAI Commuter Jabodetabek telah mengantisipasi lonjakan pengguna di sejumlah stasiun terkait rencana kegiatan sejumlah kelompok masyarakat pada aksi damai 2 Desember.

VP Komunikasi Perusahaan PT KAI Commuter Jabodetabek Eva Chairunisa memastikan pada aksi damai 2 Desember ini operasional KRL berlangsung normal dengan mengoperasikan 881 perjalanan kereta.

Masyarakat tidak perlu khawatir karena PT KCJ juga akan menyiapkan kereta tambahan yang dapat dioperasikan apabila terjadi lonjakan penumpang.

Sementara itu untuk menjaga suasana KRL dan stasiun tetap kondusif, PT KCJ akan menambah petugas keamanan sebanyak 250, serta petugas kebersihan dan pelayanan dengan jumlah dua kali lipat dari biasanya.

""Tambahan petugas tersebut disebar di sejumlah stasiun KRL Jabodetabek," jelas dia, Jumat (2/12/2016). 

Penambahan perangkat loket manual juga disiapkan untuk Stasiun Juanda sebanyak 5 perangkat mobile dan Gondangdia sebanyak 2 perangkat mobile.

Pada transaksi tiket untuk lebih memudahkan pengguna jasa KRL disarankan untuk menggunakan tiket berlangganan Kartu Multi Trip (KMT) sehingga dapat langsung menuju gate saat akan melakukan perjalanan KRL.

Sementara pengguna jasa yang tetap akan menggunakan Tiket Harian Berjaminan (THB) disarankan untuk langsung melakukan transaksi pergi pulang (PP) dengan membeli tiket THB PP di stasiun awal.

Untuk masyarakat dengan tujuan Stasiun Juanda dan Gondangdia yang menjadi salah satu stasiun terdekat dengan lokasi aksi damai 2 Desember, dihimbau untuk beralih naik turun KRL di Stasiun Alternatif terdekat seperti Sawah besar dan Stasiun Cikini apabila kondisi Stasiun Juanda dan Gondangdia sudah sangat padat.

PT KCJ menghimbau kepada para pengguna jasa untuk selalu mengikuti tata tertib dalam menggunakan KRL sehingga dapat menjaga kenyamanan bersama.

Pengguna juga dihimbau tetap memperhatikan seluruh aturan keselamatan dan keamanan saat menggunakan jasa KRL Commuter Line seperti berdiri dibelakang batas aman dan tidak memaksakan diri untuk naik krl apabila kereta sudah penuh dan menunggu kedatangan krl selanjutnya.

PT KCJ menjamin kesiapan petugas untuk melayani sesuai dengan aturan yang ada, pengguna dapat langsung berkomunikasi kepada petugas dilapangan apabila ada kebutuhan informasi dan lainnya.

Untuk diketahui, demo 2 Desember dilangsungkan pada hari ini. Ratusan ribu massa berseragam putih berkumpul di satu titik: Monumen Nasional (Monas). Pantauan Liputan6.com di beberapa ruas jalan, tampak mereka melakukan long march menuju Monas. Sekitar pukul 06.30 ruas Jalan Saharjo hingga Manggarai dikuasai massa yang tengah long march dengan berjalan kaki.

Di Masjid Istiqlal, peserta aksi damai 2 Desember berhamburan keluar dari tiap penjuru pintu masjid. Mereka menuju Monas dengan meneriakkan takbir, yel-yel, selawat, dan pelbagai atribut lainnya. (Fik/Gdn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.