Sukses

Jokowi Ikut Salat pada Aksi Damai 2 Desember Yakinkan Investor

Ekonom menilai sikap Presiden Jokowi yang turut langsung terjun ke lapangan pada aksi damai 2 Desember berdampak positif ke ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut serta dalam salat Jumat di Monumen Nasional (Monas) Jumat siang ini. Jokowi menunaikan ibadah bersama para demonstran pada aksi damai 2 Desember.

Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati menerangkan, aksi damai 2 Desember yang berlangsung kali ini tidak mengganggu perekonomian.

"Pak Jokowi tidak mengulang seperti kemarin, setelah itu selesai, tidak ada potensi lagi malam hari seperti kemarin. Kalau seperti ini tidak dikhawatirkan pada ekonomi," kata dia kepada Liputan6.com Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Dia mengatakan, sikap Jokowi yang langsung turut langsung terjun ke lapangan justru berdampak positif ke perekonomian. Dia mengatakan, turut sertanya Jokowi menunjukan Indonesia dalam kondisi stabil.

"Ini menunjukan Indonesia negara demokrasi yang matang, orang menyampaikan pendapat dan tidak menggangu ekonomi secara signifikan," jelas dia.

Bahkan, dia mengatakan hal ini menjadi daya tarik pada investor. Menurut dia, investor semakin mantap investasi lantaran kendati massa yang turun besar namun tidak terjadi kerusuhan pada aksi damai 2 Desember.

"Kita menciptakan stabilitas dan keamanan itu faktor terpenting untuk investor. Ada masalah melibatkan jutaan orang selama bisa dimanage, bisa dikelola dengan baik. Artinya kalau investor maka tidak perlu khawatir stabilitas politik dan keamanan seperti negara lain," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.