Sukses

Lakukan 6 Hal Ini Bisa Bikin Tabungan Makin Banyak

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menambah jumlah tabungan untuk persiapkan masa depan lebih cerah.

Liputan6.com, Jakarta - Menabung dan menyimpan uang merupakan keinginan dan prioritas utama bagi banyak orang maupun keluarga. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah jumlah tabungan, hal ini demi mempersiapkan masa depan yang lebih cerah.

Melansir laman Forbes.com, berikut ini beberapa tips dan cara mudah yang dapat dilakukan demi menambah pundi-pundi tabungan Anda:

1.Belanja bahan yang lebih murah

Jika Anda terbiasa memasak di rumah menggunakan resep, terkadang bahan-bahan yang digunakan adalah bahan yang harganya mahal sehingga bisa membuat kantong robek dan anggaran belanja yang besar.

Sebagai alternatif, cari bahan pengganti yang harganya lebih rendah namun mempunyai kualitas dan fungsi yang sama. Seperti mengganti krim atau mentega mahal dengan margarin yang lebih murah.

2.Evaluasi biaya tv dan internet berlangganan

Zaman sekarang kebutuhan akan internet dan tv kabel berlangganan bulanan di rumah merupakan hal yang umum. Sebaiknya cek apakah rumah Anda benar-benar membutuhkan layanan ini, jika iya, cari layanan yang harganya lebih murah.

Bandingkan beberapa layanan tv dan internet berlangganan, kemudian pilihlah yang menawarkan promo dan harga yang rendah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pakai Telepon Rumah

3. Menggunakan telepon rumah

Kebanyakan orang menganggap ponsel merupakan kebutuhan mutlak. Tapi Anda dapat menghemat biaya telepon seluler dengan menggunakan  telepon rumah untuk penggunaan nomor lokal, karena biayanya lebih murah daripada menggunakan ponsel.

Namun tetap berhati-hati, pantau setiap penggunaan telepon yang keluar dan buat batasan waktu untuk penggunaan ke nomor ponsel, misalnya 3 menit.

4. Pertimbangkan ketika ingin membeli elektronik baru

Semua orang suka bila memiliki elektronik baru di rumah, apalagi jika barang yang lama sudah rusak dan tidak bisa digunakan. Tapi ketika ingin membeli, cari barang sama di beberapa tempat. Biasanya beda tempat, beda juga harga yang ditawarkan dan selisih harganya pun bisa sangat jauh.

Karenanya jangan terburu-buru, ketika Anda dapat harga yang lebih murah, maka selisihnya bisa menjadi tabungan buat Anda. Pastikan juga untuk selalu tawar-menawar ketika mengunjungi pasar loak atau toko barang bekas saat akan membeli suatu barang

3 dari 3 halaman

Menjadi Member

5. Menjadi member beberapa online shopping

Memang tidak pernah ada orang yang suka emailnya dibanjiri dengan inbox penawaran dan junk mail. Namun, bergabung dengan beberapa toko online ada untungnya juga, karena dengan begitu Anda akan menerima banyak informasi dan promosi.

Jadi saat ingin berbelanja ada kemungkinan Anda mendapat harga khusus dan lebih hemat dibanding membeli di toko langsung.

6. Hadiahi diri sendiri saat tujuan penghematan terpenuhi

Setelah tujuan Anda berhemat tercapai, jangan lupa untuk menghadiahi diri sendiri atas prestasi yang dilakukan itu. Tidak perlu mahal, hadiah kecil seperti es krim atau jalan-jalan di taman sekitar sudah cukup, hanya sebagai pengingat saja.

Yang terpenting adalah Anda merayakan usaha Anda untuk menghemat uang. Melakukan hal ini akan membantu Anda tetap antusias dan lebih semangat untuk terus berhemat dan menabung. (Dhita K/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini