Sukses

NASA Beri Hadiah Rp 405 Juta Kalau Bisa Pecahkan Masalah Ini

Permasalahan sanitasi masih menjadi masalah tersendiri bagi astronot NASA yang sedang bepergian ke luar angkasa.

Liputan6.com, New York - Badan Antariksa milik pemerintah Amerika Serikat NASA menjanjikan hadiah uang yang cukup besar bagi mereka yang bisa menyelesaikan permasalahan sanitasi di luar Angkasa.

Diberi nama Space Poop Challenge, sayembara ini memberi hadiah US$ 30 ribu atau setara dengan Rp 405 juta bagi mereka yang bisa menawarkan solusi terbaik bagi permasalahan yang sering dihadapi NASA ini.

Melansir laman odditycentral.com, Minggu (4/12/2016) permasalahan sanitasi memang menjadi tantangan tersendiri bagi astronot yang sedang bepergian ke luar angkasa. Walau pesawat ulang aling memiliki teknologi yang baik untuk menyimpan kotoran manusia, hal ini menjadi permasalahan sulit apabila astronot sedang memakai baju luar angkasa.

Hingga saat ini, popok menjadi solusi terbaik apabila mereka sedang mengenakan pakaian luar angkasa. Namun hal ini tidak dapat dimanfaatkan apabila astronot harus mengenakan pakaian tersebut dalam waktu lama.

Hal inilah yang mendasari NASA melakukan tantangan ini. Astronot NASA Richard Mastracchio mengatakan, perjalanan luar angkasa tidak selamanya menyenangkan. Ia dan teman-temannya harus mengatasi berbagai masalah ketika berada di luar angkasa.

"Saya bisa mengatakan bahwa berada di luar angkasa tidak selamanya menyenangkan. Permasalahan tentang sanitasi ini adalah satu tantangan yang sering menyulitkan kita dalam menjalankan tugas," tuturnya.

Sayembara ini dibuka hingga pertengahan bulan Desember. Semua lapisan masyarakat berhak untuk mengirim solusi yang mereka inginkan. Pemenang program akan diumumkan pada bulan Januari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.