Sukses

Cari Pekerjaan Baru? Ini Caranya Agar Tak Buang Waktu

Bagaimana agar mengetahui pekerjaan itu cocok untuk Anda? Yuk simak tips ini.

Liputan6.com, Jakarta - Mencari pekerjaan yang lebih baik dari pekerjaan saat ini, tidaklah salah. Wajar jika Anda ingin kehidupan yang lebih baik dengan pekerjaan baru.

Akan tetapi bagaimanakah Anda bisa benar-benar mengetahui apakah pekerjaan tersebut cocok untuk Anda dan tidak membuang waktu percuma saat mencari pekerjaan itu?

Melansir laman inquisitr.com, berikut ini beberapa tips ketika mencari pekerjaan baru sehingga tidak membuang-buang waktu Anda:

1. Perhatikan Deskripsi Pekerjaan

Salah satu tips terbaik yang harus diingat ketika mencari pekerjaan adalah selalu membaca detil pekerjaan yang dilamar.

Pelajari tentang pekerjaan tersebut dan lihat lebih detil deskripsi tugas yang tertulis apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan bidang Anda atau tidak. Jangan sampai nekat melamar pekerjaan yang tidak cocok, karena jika Anda tetap mencoba, hal ini justru akan membuat Anda lebih buruk dari pekerjaan sebelumnya.

2. Periksa Website Perusahaan

Luangkan waktu untuk memeriksa website dari perusahaan yang Anda lamar, lihatlah webnya hingga pembaruan yang terakhir.

Beberapa perusahaan memang kadang tidak memperbarui webnya hingga 10-20 tahun, jika ini yang terjadi pertimbangkan apakah Anda benar akan melamar di sana. Perusahaan yang baik pasti bisnisnya juga berkembang, salah satunya dengan selalu update tentang perkembangan perusahaan.

Teknologi merupakan basis penting dalam berbisnis, jika tidak ada web dan situs tentang perusahaan tersebut, tanya pada diri sendiri apakah Anda yakin untuk bekerja di sana. Saat ini, semakin banyak orang menggunakan internet untuk melakukan bisnis.

Sebuah perusahaan yang belum diinvestasikan dalam eksistensi bisnis online, maka kemungkinan perusahaan ini tidak akan bisa bertahan untuk jangka panjang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Lupakan Media Sosial

3. Jangan Lupakan Media Sosial

Media sosial dan website merupakan satu kesatuan dalam perusahaan. Perusahaan tanpa website atau akun media sosial merupakan sebuah bisnis yang tidak tertarik dengan pertumbuhan perekonomian. Oleh karena itu tidak perlu mencari tahu lebih dalam lagi tentang perusahaan ini, hal inilah yang akan menghabiskan waktu Anda saat mencari pekerjaan baru.

4. Perusahaan Memiliki Ulasan Buruk

Lakukan penelitian dan cari tahu ulasan tentang perusahaan tersebut. Biasanya semakin banyak klien bisnis di perusahaan tersebut, maka ulasan yang diberikan juga semakin banyak. Jika ulasan yang diberikan cenderung ke arah negatif atau citranya buruk, maka pertimbangkan apakah Anda benar-benar akan bekerja di sana.

Beberapa orang saat melakukan pengecekan di situs dan melihat banyak ulasan atau komentar tidak terlalu jeli untuk membacanya, karena dengan banyak ulasan biasanya akan berpikir bahwa perusahaan tersebut memang punya reputasi yang baik.

Agar tidak salah langkah, gunakan penilaian Anda. Baca lebih detil komentar tentang perusahaan tersebut, apakah lebih banyak keluhan atau komentar positif. Selanjutnya Anda bisa menilai sendiri bagaimana perusahaan tersebut di mata klien bisnisnya.

Demikianlah sejumlah tips ketika Anda berburu pekerjaan agar tidak membuang waktu. Bukan hanya perusahaan saja yang bisa melakukan penilaian dengan calon karyawannya apakah mereka pantas mempekerjaan Anda atau tidak.

Sebagai orang yang cerdas dalam memilih pekerjaan, Anda juga harus bisa meneliti bagaimana perusahaan yang akan Anda lamar nantinya agar tidak menjadi penyesalan di kemudian hari ketika sudah bekerja di perusahaan yang dilamar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini