Sukses

Hobi Traveling? Ini Tips Terbaik untuk Kelola Uang Anda

Traveling membutuhkan anggaran tidak sedikit, karena kita butuh transportasi, butuh makanan, butuh hotel untuk tempat tinggal sementara.

Liputan6.com, Jakarta - Traveling memang hal yang sangat menyenangkan untuk beberapa orang. Banyak sekali orang yang ingin mengekspos tempat-tempat yang belum pernah diekspose sebelumnya.

Traveling juga mengajarkan kita untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita bisa menikmati keindahan alam yang diciptakan-Nya. Traveling juga bisa menambah wawasan untuk kita. Banyak hal-hal yang bisa kita pelajari ketika traveling.

Keuntungan travelling juga bisa membuat kita terhindar dari stres dan dapat refresh pikiran. Tapi traveling membutuhkan budget yang tidak sedikit, karena kita butuh transportasi, butuh makanan, butuh hotel untuk tempat tinggal sementara.

Tentu ini menjadi hal yang membuat Anda galau ketika kurang budget tapi keinginan traveling sedang tinggi. Berikut adalah tips-tips untuk mengelola keuangan bagi anda yang punya hobi traveling seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Event Traveling

Jika ingin traveling tapi tidak mempunyai budget yang cukup, maka Anda bisa membuat event traveling sendiri. Jika banyak yang bergabung dengan event traveling itu, maka Anda bisa mengambil keuntungan yaitu sambil menjadi guide mereka sekaligus sambil traveling secara gratis dengan mereka.

Tentukan destinasi yang dekat dari rumah dan sudah sangat dikuasai seluk beluk tempat tersebut agar bisa menjadi guide yang hebat. Usahakan sasaran Anda adalah para turis-turis luar negeri yang sedang datang ke Indonesia, karena Anda akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan yaitu menjadi guide para turis dan juga menjadi teman traveling mereka.

Jika Anda orang yang tidak bisa membuat event traveling, maka bisa bergabung dengan event traveling yang menuju ke tempat destinasi yang banyak dituju oleh orang-orang. Karena jika banyak yang ikut maka harganya pun akan semakin murah.

2. Menabung

Jika Anda ingin traveling dan tidak punya budget maka hal yang paling tepat dilakukan adalah menabung. Ini adalah hal yang paling untuk persiapan biaya traveling. Jadi ketika ingin traveling, Anda sudah punya uang untuk biaya perjalanan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penghasilan Tambahan

3. Cari Penghasilan Tambahan

Jika ingin traveling dan budget Anda kurang, maka tidak ada salahnya untuk mencari penghasilan tambahan. Banyak pekerjaan-pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah seperti menjadi penulis lepas, menjadi developer web, dan banyak pekerjaan lain yang bisa dikerjakan secara remote.

Hasil dari pekerjaan ini juga lumayan untuk menambah kekurangan-kekurangan budget traveling Anda. Jika performa bekerja Anda bagus dan klien percaya kepada Anda, maka penghasilannya pun akan semakin besar.

4. Kelola biaya secara terpisah

Ketika ingin traveling, maka buatlah pembukuan ringan mengenai pengeluaran dan juga pemasukan Anda. Sebagai contoh Anda ingin pergi ke Yogyakarta selama 3 hari 2 malam. Maka Anda harus membuat secara rinci biaya-biaya yang akan dikeluarkan untuk traveling.

Pisahkan biaya-biaya seperti transportasi, makanan, dan juga hotel. Penting sekali untuk mengelola pengeluaran secara terpisah agar lebih fokus menutupi kekurangan budget traveling yang mungkin terjadi.

Ketika sudah gajian, maka sebaiknya Anda mulai membuat anggaran pengeluaran untuk traveling agar uang gajian tidak terpakai untuk hal lain.

3 dari 3 halaman

Promo dan Diskon

5. Cari Promo dan Diskon

Ketika ingin traveling, sangat penting untuk mencari promo dan diskon yang sedang berlangsung. Biasanya promo dan diskon ini disediakan oleh perusahaan-perusahaan travel. Promo dan diskon ini biasanya dalam bentuk biaya transportasi dan juga hotel.

Jadi misalnya Anda menggunakan layanan traveling suatu perusahaan travel, dan kebetulan perusahaan travel tersebut sedang mengadakan promo untuk tiket pesawat dan juga diskon untuk kamar hotel. Maka tidak ada salahnya mengambil promo dan diskon tersebut.

Pasalnya masalah transportasi seperti tiket pesawat dan juga booking kamar hotel adalah hal yang tidak mudah. Tentu ini menjadi keuntungan untuk Anda. Selain tidak perlu repot-repot menelepon tempat tersebut, pengeluaran pun dipastikan aman.

6. Siapkan Dana Tak Terduga

Ketika Anda traveling maka harus menyiapkan biaya tak terduga. Karena kita tidak tahu apa saja yang akan terjadi ketika sedang traveling.

Contohnya saja barang anda yang penting ada yang hilang, maka Anda harus membeli barang tersebut dan itu merupakan pengeluaran tak terduga Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini