Sukses

6 Tips Sukses Memulai Bisnis

Agar tidak salah jalan, ketika ingin berbisnis mulailah dengan rencana.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda seorang pengusaha atau pernah memulai bisnis, mungkin sudah mengetahui lebih dari 70 persen dari semua bisnis yang baru dijalankan pernah gagal.

Agar tidak salah jalan, ketika ingin berbisnis, mulailah dengan rencana. Semua bisnis membutuhkan rencana bisnis, karena rencana bisnis adalah peta jalan untuk memandu Anda ke tujuan.

Ini adalah alat yang berharga untuk setiap pemilik bisnis, baik saat Anda memulai, sedang atau sudah menjalankan bisnis selama bertahun-tahun. Selain itu, duduk dan tentukan berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk berinvestasi, tujuan bisnis Anda (jangka pendek dan jangka panjang), rencana pemasaran dan semua rinciannya.

Untuk membantu Anda sukses dalam berbisnis, laman dailytrust.com membagi beberapa tipsnya berikut ini:

1. Cari mentor

Seperti yang Anda ketahui banyak orang yang sukses dalam menjalankan bisnisnya. Tidak ada salahnya mencari seorang mentor dari pebisnis yang sudah sukses lebih dulu. Anda dapat meminta saran atau beberapa bentuk bimbingan darinya.

Bisa juga mencari bantuan  dari pebisnis kecil lainnya, atau dari vendor, profesional, lembaga pemerintah, dan asosiasi perdagangan. Tetap waspada, ajukan pertanyaan yang akan membuat Anda berkembang, dan pelajarilah segala sesuatu yang Anda bisa.

2. Kompetitif

Jika berpikir bisnis Anda unik, ada baiknya melakukan analisis kompetitif di pasar. Hal yang perlu diteliti seperti produk, harga, promosi, iklan, distribusi, kualitas dan pelayanan. Cari tahu apa yang membuat Anda berbeda dengan pesaing Anda. Apakah layanan, harga atau keahlian? Apa pun itu hasilnya, manfaatkan untuk bisnis Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Punya Jaringan

3. Mengiklankan dan punya jaringan

Promosi dari mulut ke mulut merupakan cara terbaik untuk mengembangkan bisnis. Agar konsumen puas dengan referensi produk Anda, tidak ada salahnya menawarkan konsultasi gratis untuk setiap produk baru, demi nama baik dan membangun merek Anda agar lebih dikenal.

Selain itu luangkan waktu untuk menghadiri acara seperti konferensi industri, pameran atau seminar. Sosialisasikan produk Anda dan jangan lupa selalu sediakan kartu nama untuk dibagikan ke orang  lain.

4. Selalu Supel dan Cakap saat Berkomunikasi

Ketika bertemu dan kenal dengan orang-orang baru, mungkin Anda mempunyai hal baik untuk disampaikan, tapi mampukah Anda berkomunikasi lebih dari satu menit dengan mereka? Maukah mereka menjadi pendengar yang baik?

Oleh karena itu, memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan bersikap supel akan membantu Anda dalam berbicara kepada orang lain sehingga bisa meyakinkan mereka juga. Selain itu, Anda juga harus memiliki kemampuan sebagai pendengar yang baik jika ingin diperlakukan sama. Sebab Anda tidak pernah tahu siapa nantinya yang bakal menjadi partner dan klien dalam bisnis Anda.

3 dari 3 halaman

Belajar Terima Penolakan

5. Belajar menerima penolakan

Tidak setiap orang bisa menerima ide dan produk yang Anda tawarkan. Sebagai pebisnis, Anda perlu belajar untuk bisa menerima penolakan dan mencoba lagi. Setiap kali seseorang menolak proposal atau produk yang Anda tawarkan, pasti ada alasan kenapa mereka menolak, dan Anda dapat belajar sesuatu dari itu untuk meningkatkan bisnis di kemudian hari.

Jangan pernah menyerah untuk mencoba lagi. Belajarlah dari kegagalan. Karena ada pepatah yang mengatakan kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda.

6. Pekerjakan orang yang menyukai apa yang Anda lakukan

Sama seperti ketika mencari pengasuh untuk merawat bayi Anda, pasti Anda akan mencari dan menyewa pengasuh yang mencintai anak Anda sama seperti Anda mencintainya, karena hal itu bisa membuat anak Anda tumbuh sebagai bayi yang sehat dan bahagia. Hal yang sama berlaku untuk bisnis Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini