Sukses

10 Cara Mudah agar Punya Banyak Tabungan

Liputan6.com, Jakarta Menabung memang kebiasaan yang paling sulit dilakukan, apalagi mengingat gaya hidup anak-anak atau kehidupan zaman sekarang yang serba mahal.

Untuk itu mungkin beberapa dari Anda membutuhkan tips atau trik agar bisa menabung. Apalagi tabungan sangat terasa dibutuhkannya jika ada kejadian genting atau hal yang tidak terduga, sedangkan keadaan uang menipis bahkan tidak tersedia sama sekali.

Meskipun begitu masih banyak saja yang sulit untuk menabung. Lalu bagaimana cara agar ingin menabung? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Pisahkan rekening tabungan, kebutuhan dan lainnya

Umumnya hal seperti tidak bisa menabung terjadi karena adanya penempatan uang kebutuhan dan uang tabungan dalam tempat bersamaan. Entah itu menggunakan rekening atau hanya sekedar amplop dan simpanan namun baiknya hal tersebut dipisah.

Uang tabungan disimpan di tempat yang tidak pernah diingat atau sulit untuk diambil. Misalnya ditaruh pada orang tua, atau uang tersebut menggunakan rekening yang terpisah dengan uang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan anda.

2. Targetkan apa yang akan dibeli

Jika menabung secara cuma-cuma tanpa target pasti akan sangat sulit. Namun, untuk yang memiliki target ke depannya ingin memiliki apa atau membeli barang apa maka menabung akan dilakukan walaupun dengan perasaan terpaksa.

Momen ini bisa dimanfaatkan untuk menabung dengan kategori kebutuhan lainnya. Misalnya Anda menabung untuk membeli mobil dengan perhitungan perbulan Rp 1 juta. Namun Anda sengaja menabung sebanyak satu juta seratus karena ingin sisanya bisa digunakan jika sedang butuh.

3. Pikirkan masa depan

Mungkin untuk yang masih tinggal dengan orang tua atau merasa bahwa semua hal yang diberikan cukup tidak akan terpikir untuk menabung. Berbeda dengan Anda yang mandiri dan selalu memikirkan masa depan.

Menabung merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan di masa depan dan memenuhi segala keinginan Anda. Adanya masa depan akan membantu untuk menabung, misalnya Anda akan segera menikah 1 tahun lagi, maka Anda harus menabung untuk memenuhi kebutuhan pernikahan itu.

4. Sisihkan dan niatkan

Ada niatan akan menyempurnakan keinginan menabung Anda. Namun tidak hanya niat tetapi juga dijalankan dengan baik. jika sengaja membuka tabungan atau menabung dengan uang yang khusus mungkin akan sulit.

Tetapi, jika sistemnya diganti menjadi menyisihkan uang sisa atau menyisihkan uang berapapun nominalnya. Jika sabar, maka uang yang ditabung akan terkumpul dengan banyak.

1 dari 4 halaman

Gunakan fasilitas tertentu

5. Gunakan fasilitas tertentu di lembaga keuangan

Banyak yang mengatakan jika tidak dipaksa tidak akan berjalan. Bagi anda yang tidak ingin hanya niat tapi juga dilakukan namun berat silahkan manfaatkan beberapa fasilitas bank dan lembaga keuangan resmi lainnya.

Misalnya ada yang menyediakan autodebet khusus untuk jangka pendek. Di mana uang gajian setiap bulannya akan terpotong otomatis untuk tabungan, maka mau tidak mau anda harus merelakan uang tersebut. Bagus bukan?.

6. Buat anggaran dengan rinci

Membuat anggaran dengan rinci akan membantu Anda dalam mengisi tabungan agar semakin gendut. Dengan anggaran yang jelas maka Anda tahu berapa banyak yang terbuang sia-sia atau bermasalah karena kebutuhan yang membengkak.

Usahakan untuk mencatat setiap pengeluaran dan bandingkan dengan isi tabungan Anda. Apakah lebih besar atau tidak?

2 dari 4 halaman

Jadilah Disiplin

7. Jadilah Disiplin

Hmmm jika hal ini mungkin agak sedikit sulit, apalagi bagi yang sering merasa bodo amat dengan keuangan. Disiplin akan membantu Anda dalam memanfaatkan uang untuk ditabung.

Dengan perasaan mementingkan masa depan dan kebutuhan maka tabungan akan terisi dengan baik. jadi disiplinlah pada diri sendiri.

8. Gunakan uang tunai seminim mungkin

Untuk yang tinggal di Indonesia mungkin berlaku hal ini. gunakan uang tunai seminim mungkin untuk berbelanja terutama pergi ke pasar dan supermarket besar.

Apalagi jika anda tidak menggunakan kartu kredit maka akan susah mengeluarkan uang dari debit Anda. Belum lagi jika terkena pajak atau denda berbeda bank. Maka bawa saja sedikit uang tunai untuk meredam rasa haus belanja Anda.

3 dari 4 halaman

Arisan

9. Arisan atau menabung bersama juga boleh

Beberapa wanita mungkin melakukan siasat ini, dimana mereka menggunakan sistem arisan atau menabung bersama. Bagi orang yang pintar menyimpan uang mereka dimanfaatkan sebagai penyimpan uang oleh beberapa temannya untuk menabung. Ya, seperti bank namun tidak ada pajak tambahannya untuk jasa mereka.

10. Jangan mudah mengeluarkan uang

Jangan mudah mengeluarkan uang disini alias hemat. Bagi Anda yang boros tentu saja jangankan menabung, memenuhi kebutuhan saja akan sulit.

Usahakan hemat dan berpikir apa saja yang boleh digunakan atau dibeli menggunakan uang sehari-hari. Apabila tidak terlalu penting, silakan lewatkan dan tabungkan uangnya.

10 Cara Mudah Agar Ingin Menabung

Menabung memang kebiasaan yang paling sulit dilakukan, apalagi mengingat gaya hidup anak-anak atau kehidupan jaman sekarang yang serba waw. Untuk itu mungkin beberapa dari anda membutuhkan tips atau trik agar bisa menabung. Apalagi tabungan sangat terasa dibutuhkannya jika ada kejadian genting atau hal yang tidak terduga, sedangkan keadaan uang menipis bahkan tidak tersedia sama sekali.
Meskipun begitu masih banyak saja yang sulit untuk menabung. Lalu bagaimana cara agar ingin menabung ?
1.    Pisahkan rekening tabungan, kebutuhan dan lainnya
Umumnya hal seperti tidak bisa menabung terjadi karena adanya penempatan uang kebutuhan dan uang tabungan dalam tempat bersamaan. Entah itu menggunakan rekening atau hanya sekedar amplop dan simpanan namun baiknya hal tersebut dipisah. Uang tabungan disimpan di tempat yang tidak pernah diingat atau sulit untuk diambil. Misalnya ditaruh pada orang tua, atau uang tersebut menggunakan rekening yang terpisah dengan uang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan anda.
2.    Targetkan apa yang akan dibeli
Jika menabung secara cuma-cuma tanpa target pasti akan sangat sulit. Namun, untuk yang memiliki target kedepannya ingin memiliki apa atau membeli barang apa maka menabung akan dilakukan walaupun dengan perasaan terpaksa. Momen ini bisa dimanfaatkan untuk menabung dengan kategori kebutuhan lainnya. Misalnya anda menabung untuk membeli mobil dengan perhitungan perbulan satu juta rupiah. Namun anda sengaja menabung sebanyak satu juta seratus karena ingin sisanya bisa digunakan jika sedang butuh.
3.    Pikirkan masa depan
Mungkin untuk yang masih tinggal dengan orang tua atau merasa bahwa semua hal yang diberikan cukup tidak akan terpikir untuk menabung. Berbeda dengan anda yang mandiri dan selalu memikirkan masa depan. Menabung merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan di masa depan dan memenuhi segala keinginan anda. Adanya masa depan akan membantu untuk menabung, misalnya anda akan segera menikah 1 tahun lagi, maka anda harus menabung untuk memenuhi kebutuhan pernikahan itu.
4.    Sisihkan dan niatkan
Ada niatan akan menyempurnakan keinginan menabung anda. Namun tidak hanya niat tetapi juga dijalankan dengan baik. jika sengaja membuka tabungan atau menabung dengan uang yang khusus mungkin akan sulit. Tetapi, jika sistemnya diganti menjadi menyisihkan uang sisa atau menyisihkan uang berapapun nominalnya. Jika sabar, maka uang yang ditabung akan terkumpul dengan banyak.
5.    Gunakan fasilitas tertentu di lembaga keuangan
Banyak yang mengatakan jika tidak dipaksa tidak akan berjalan. Bagi anda yang tidak ingin hanya niat tapi juga dilakukan namun berat silahkan manfaatkan beberapa fasilitas bank dan lembaga keuangan resmi lainnya. Misalnya ada yang menyediakan autodebet khusus untuk jangka pendek. Dimana uang gajian setiap bulannya akan terpotong otomatis untuk tabungan, maka mau tidak mau anda harus merelakan uang tersebut. Bagus bukan ?
6.    Buat anggaran dengan rinci
Membuat anggaran dengan rinci akan membantu anda dalam mengisi tabungan agar semakin gendut. Dengan anggaran yang jelas maka anda tahu berapa banyak yang terbuang sia-sia atau bermasalah karena kebutuhan yang membengkak. Usahakan untuk mencatat setiap pengeluaran dan bandingkan dengan isi tabungan anda. apakah lebih besar atau tidak ?
7.    Jadilah Disiplin
Hmmm jika hal ini mungkin agak sedikit sulit, apalagi bagi yang sering merasa bodo amat dengan keuangan. Disiplin akan membantu anda dalam memanfaatkan uang untuk ditabung. Dengan perasaan mementingkan masa depan dan kebutuhan maka tabungan akan terisi dengan baik. jadi disiplinlah pada diri sendiri.
8.    Gunakan uang tunai seminim mungkin
Untuk yang tinggal di Indonesia mungkin berlaku hal ini. gunakan uang tunai seminim mungkin untuk berbelanja terutama pergi ke pasar dan supermarket besar. Apalagi jika anda tidak menggunakan kartu kredit maka akan susah mengeluarkan uang dari debit anda. Belum lagi jika terkena pajak atau denda berbeda bank. Maka bawa saja sedikit uang tunai untuk meredam rasa haus belanja anda.
9.    Arisan atau menabung bersama juga boleh
Beberapa wanita mungkin melakukan siasat ini, dimana mereka menggunakan sistem arisan atau menabung bersama. Bagi orang yang pintar menyimpan uang mereka dimanfaatkan sebagai penyimpan uang oleh beberapa temannya untuk menabung. Ya, seperti bank namun tidak ada pajak tambahannya untuk jasa mereka.
10.    Jangan mudah mengeluarkan uang
Jangan mudah mengeluarkan uang disini alias hemat. Bagi anda yang boros tentu saja jangankan menabung, memenuhi kebutuhan saja akan sulit. Usahakan hemat dan berpikir apa saja yang boleh digunakan atau dibeli menggunakan uang sehari-hari. Apabila tidak terlalu penting, silahkan lewatkan dan tabungkan uangnya.