Sukses

Kemenhub Sediakan 300 Bus buat Peserta Aksi Damai 2 Desember

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan telah menyiapkan kendaraan yang bisa digunakan para peserta aksi damai 2 Desember untuk kembali ke beberapa daerah.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengutarakan bahwa dengan adanya aksi damai 2 Desember tersebut pasti para peserta aksi damai sedikit kesulitan mendapatkan angkutan umum.

"Kementerian Perhubungan telah menyiapkan 300 unit bus yang diperbantukan kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk digunakan sebagai angkutan bagi para peserta aksi damai 2 Desember yang alami kesulitan mendapatkan angkutan saat kembali," kata Bambang dalam keterangannya, Jumat (2/12/2016).

Bambang memaparkan bus-bus ini akan diberangkatkan dari Parkir Timur Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Setidaknya 200 bus sudah standby dan 100 bus lagi digunakan sebagai armaada cadangan. "Pagi tadi, Pak Menhub Budi Karya Sumadi telah melakukan pengecekan kondisi bus-bus tersebut," tegas dia.

Peserta aksi damai 2 Desember yang ikut berzikir dan salat Jumat di kawasan Medan Merdeka Selatan membubarkan diri usai salat Jumat. Sambil meneriakkan kalimat tauhid, para pendemo mengikuti keinginan GNPF MUI dan Kepolisian Republik Indonesia untuk membubarkan diri.

GNPF MUI dan Kepolisian RI sudah sepakat aksi demo 2 Desember hanya akan berlangsung mulai pukul 08.00-13.00 WIB.

Selain karena kesepakatan, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ikut turun dan hujan-hujanan demi salat Jumat berjemaah dengan para peserta aksi damai 2 Desember. (Yas/Gdn)