Sukses

Miliarder Termuda di Indonesia, Siapa Dia?

Kekayaan yang dimiliki oleh Ciliandra di atas konglomerat media Hary Tanoesoedibjo.

Liputan6.com, Jakarta - Forbes kembali mengeluarkan daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Sebagian besar nama-nama yang masuk dalam daftar tersebut merupakan orang lama yang sudah berumur. Bahkan ada salah satu miliarder Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut dengan usia 93 tahun.

Namun, di antara 50 orang tersebut, terdapat satu nama yang berusia 40 tahun. Ia adalah Ciliandra Fangiono. Mengutip Forbes Indonesia, Sabtu 3/12/2016), kekayaan Ciliandra Fangiono mencapai US$ 1,38 miliar atau Rp 18,66 triliun (estimasi kurs 13.522 per dolar AS).

Dalam daftar Forbes, ayah dari dua orang anak ini berada di peringkat 20. Kekayaan yang dimiliki oleh Ciliandra di atas konglomerat media Hary Tanoesoedibjo, pemilik Adaro Energy Garibaldi Thohir dan Hashim Djojohadikusumo yang merupakan kakak dari Prabowo Subianto.

Bisnis yang dijalankan oleh Ciliandra bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit melalui bendera First Resources Ltd. Perusahaan tersebut terdaftar di bursa Singapura. Perkebunan First Resources berada di Riau, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat. Luas lahan yang dimiliki oleh First Resources mencapai 200 ribu hektare.

Kesuksesan Ciliandra ini karena ia memang memiliki ilmu yang mumpuni di sektor ekonomi. Ia memiliki gelar sarjana ekonomi dari Cambridge University. Kemudian, dirinya juga pernah bekerja sebagai staf pada divisi investasi bank di Meryl Lynch di Singapura.

Secara keseluruhan, dalam laporan terbaru Forbes tersebut, harta para orang kaya Indonesia meningkat dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini dipicu dengan membaiknya perekonomian ekonomi Indonesia selama satu tahun terakhir.

Sebanyak 36 miliarder Indonesia mengalami kenaikan harta. Total kekayaan 50 orang paling kaya di Indonesia ini tercatat US$ 99 miliar naik dibandingkan posisi tahun lalu yang di angka US$ 92 miliar. (Gdn/Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.