Sukses

Trik Merancang Bulan Madu yang Berkesan dan Tetap Hemat

Bulan madu tidak selamanya harus mahal agar berkesan.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah momen sekali seumur hidup Anda, yaitu pernikahan, pastinya bulan madu adalah momen yang setiap pasangan tunggu-tunggu. Momen ini dimanfaatkan bagi pasangan untuk berlibur serta menghabiskan waktu bersama sebagai pasangan suami istri yang sah.

Tidak sedikit yang merencanakan bulan madu mewah dengan destinasi indah. Tetapi bulan madu tidak selamanya harus mahal agar berkesan.

Banyak sekali cara yang dapat anda serta pasangan lakukan untuk membuat bulan madu kalian berkesan. Rencana yang telah disusun dari awal adalah kunci untuk membatasi anggaran bulan madu yang berlebih.

Jika Anda dan pasangan sedang merencanakan bulan madu, dan tidak ingin menghabiskan terlalu banyak dana, pertimbangkanlah beberapa hal di bawah ini di dalam rencana Anda seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (4/12/2016):

1. Tempat dan waktu

Ini adalah rencana awal bulan madu, menentukan ke mana serta kapan Anda akan pergi. Untuk membuatnya berkesan, sebaiknya pilihlah tempat yang terhindar dari hiruk pikuk atau tempat yang terlalu ramai.

Bulan madu adalah momen di mana Anda dan pasangan berlibur, tentunya tempat yang terlalu ramai hanya akan menghilangkan esensinya.

Tidak berarti tempat yang terhindar dari keramaian adalah tempat yang eksklusif atau berkelas, Anda dapat menyewa villa di suatu resort dan menikmati fasilitas yang ditawarkan resort tersebut.

Untuk lebih berkesan, sebaiknya pilihlah tempat yang belum Anda dan pasangan kunjungi sebelumnya. Mungkin ada tempat yang sangat indah yang membekas di benak Anda, tetapi karena pernikahan berarti lembaran baru, sebaiknya kunjungi tempat yang baru juga.

Bagi para wanita, biasanya mereka mempunyai mimpi untuk menghabiskan bulan madu di suatu destinasi, dan biasanya ini akan ‘membakar kantong’ suami. Sebaiknya cari destinasi yang bersahabat dengan dana suami, walaupun biasa-biasa saja, tetapi Anda menghabiskannya dengan suami.

Kemudian setelah tempat, anda harus memikirkan kapan akan mengunjungi tempat tersebut. Jika memang destinasi bulan madu ada di dalam negeri, mungkin perbedaan tiket transportasi tidak menjadi masalah.

Tetapi Anda dapat menghemat banyak jika mencari waktu yang tepat untuk membeli tiket pesawat ke luar negeri. Ada baiknya untuk menghindari bulan-bulan liburan anak sekolah atau hari raya, karena harga tiket memuncak pada bulan-bulan tersebut. Cara lain adalah membeli tiket pada saat promo atau pameran.

2. Bawalah uang sesuai dengan susunan anggaran

Agar dapat berhemat, sebaiknya susunlah anggaran sebelum pergi berangkat bulan madu. Menyusun anggaran berarti menyusun segala aktivitas serta pengeluaran yang dibutuhkan untuk aktivitas tersebut.

Anda juga dapat menyusun restoran-restoran yang akan dikunjungi dan mengecek menu mereka terlebih dahulu. Menyusun anggaran juga dapat membantu anda mengetahui jumlah dana yang akan dibutuhkan nantinya.

Bawalah uang sesuai dengan anggaran untuk menghindari diri dari membelanjakan uang yang tidak penting. Jika membawa uang sesuai dengan budget, Anda akan terhindar dari hasrat menghabiskan uang karena uang terbatas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rencana perjalanan

3. Konsultasikan rencana trip Anda dengan yang ahli

Mungkin Anda mengenal beberapa teman yang datang dari atau bertempat tinggal di destinasi bulan madu atau keluarga dan teman yang pernah mengunjungi tempat tersebut. Sebaiknya untuk menghemat anggaran, Anda dapat berkonsultasi dengan mereka pada saat merencanakan perjalanan.

Apalagi jika berencana untuk mengunjungi tempat ini tanpa bantuan agen, berkonsultasi dapat sangat membantu. Orang-orang yang pernah mengunjungi tempat tersebut pasti mengetahui tempat-tempat yang jarang dikunjungi turis seperti restoran, tempat penginapan atau toko souvenir.

Tempat yang sedikit dikunjungi turis biasanya menawarkan produk atau jasa yang lebih murah. Selain harganya yang rendah, anda pun dapat menikmati pemandangan yang jarang dinikmati oleh pelancong lain.

4. Bulan Madu Jangan Sampai Menyulitkan Keuangan

Jangan sampai menjadikan bulan madu sebagai beban atas finansial anda dan pasangan. Sebaiknya anggaplah bulan madu sebagai momen di mana Anda dapat lebih mengenal satu sama lain dan momen eksklusif antar anda dengan suami atau istri Anda.

Momen yang berkesan tidak selalu harus mahal, dan jika memang dana tidak mencukupi, tidak ada salahnya untuk menunda bulan madu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.