Sukses

Gajian Masih Lama Tapi Duit Sudah Habis? Ini Trik Mengatasinya

Strategi yang harus Anda harus lakukan sesaat setelah menerima gaji bulanan yaitu coba untuk mengendalikan diri.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang akan terpikirkan oleh Anda ketika baru saja menerima gaji? Pastinya Anda akan berpikir untuk membeli semua hal yang dibutuhkan, misalkan belanja bulanan, beli baju, pulsa telepon, bayar tagihan karti kredit atau bahkan membeli barang-barang yang tidak direncanakan.

Memang, kesulitan untuk mengatur keuangan tidak hanya dialami oleh segelintir orang saja. Di zaman yang modern seperti ini, tidak jarang bahwa akan ada beberapa orang yang sering kehabisan uang sebelum gaji di bulan berikutnya datang atau bahkan sebelum pertengahan bulan. Ini menandakan bahwa Anda belum bisa mengelola uang dengan bijak.

Dengan demikian, secara terpaksa Anda akan mengambil beberpa rupiah dari tabungan yang sudah disimpan untuk keperluan masa depan. Dan seiring berjalannya hari, Anda akan menyadari bahwa pengeluaran lebih besar di banding pemasukan.

Nah, dengan kejadian seperti itu, terdapat beberapa tips untuk Anda untuk mengatasinya, seperti dikutip dari Karir.com, Minggu (4/12/2016):

Pengendalian Diri

Anda harus lakukan sesaat setelah menerima gaji bulanan yaitu coba untuk mengendalikan diri. Anda harus bisa mengendalikan diri untuk tidak menjadi seseorang yang konsumtif.

Ingat! Setelah menerima gaji, ini bukan berarti Anda harus menggunakannya untuk berfoya-foya, melainkan harus menerapkan pola pikir bahwa gaji harus digunakan dengan bijak.

Misal, membayar tagihan uang kos, tagihan listrik, belanja kebutuhan pribadi, sampai uang makan. Hal ini akan bisa meredam keinginan Anda untuk langsung menghabiskan gaji dalam sekejap dan berpikir ulang sebelum bergaya hidup mewah.

Memiliki Rekening Khusus

Pastikan bahwa Anda harus memiliki dua rekening. Mengapa? Hal ini dimaksud untuk membantumu dalam mengelola gaji tiap bulannya.

Untuk rekening yang pertama bisa Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari dan rekening yang ke dua digunakan untuk tabungan.

Ingat! Rekening tabungan tidak bisa diganggu gugat untuk membantu keperluan harian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan kredit

Hindari untuk Membeli Barang Secara Kredit

Seiring berjalannya waktu pasti akan ada produk-produk baru yang dikeluarkan, entah itu barang elektronik maupun kendaraan bermotor.

Nah, di saat seperti ini Anda harus bisa menolak atau menghindari godaan-godaan tersebut yang biasanya memiliki beban cicilan besar hingga memiliki bunga yang tidak ramah dikantong.

Siapkan Anggaran Bulanan

Anda bisa membuat anggaran pengeluaran tiap bulannya. Hal ini merupakan langkah yang tepat untuk mengendalikan pengeluaranmu agar tidak berbalik dengan pemasukan.

Pertama yang harus Anda lakukan yaitu sisihkan uang untuk menabung. Di sini Anda bisa sisihkan minimal 10 persen dari gaji. Setelah itu Anda bisa catat apa saja yang perlukan dalam sebulan ini.

Atur Gaji Dengan Menggunakan Salary Benchmark. Selain cara-cara di atas untuk mengatur gaji bulanan, Anda bisa gunakan fitur Salary Benchmark di Karir.com.

Dengan fitur ini, Anda bisa dengan mudah mengatur gaji tiap bulannya. Baik dari pengeluaran pokok, cicilan hingga tabungan yang seharusnya disisihkan, Salary Benchmark akan bantu dalam mengatur tiap bulan. (Karir.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini