Sukses

12 Ribu Rumah Tangga di Lampung Bakal Nikmati Gas Murah

Pembangunan 12 ribu sambungan jaringan gas rumah tangga oleh PGN ditargetkan selesai pada akhir 2017.

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) mendapat mandat dari pemerintah untuk membangun jaringan gas rumah tangga di Lampung tahun depan. Pembangunan akan dimulai pada tahun depan dan ditargetkan bisa selesai pada tahun tang sama. 

‎Sales Area Head PGN Lampung Wendi Purwanto mengatakan,‎ PGN mendapat penugasan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk membangun 12 ribu sambungan jaringan gas rumah tangga di Lampung pada 2017. 

"Rencananya tahun depan baru mau mulai membangun jaringan untuk pelanggan rumah tangga," kata Wendi, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Sambungan gas bumi untuk rumah tangga tersebut ‎akan disebar di delapan kecamatan yang berada di Provinsi Lampung. Dengan adanya jaringan gas PGN tersebut diharapkan masyarakat dapat menikmati energi yang murah dan ramah lingkungan.

Menurut Wendi, pembangunan 12 ribu sambungan jaringan gas rumah tangga tersebut akan dimulai di awal 2017 dan selesai akhir 2017. Sumber pendanaan dari proyek tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2017.

Secara nasional hingga saat ini PGN menyalurkan gas bumi ke lebih dari ​116.600 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.900 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.580 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

PGN hingga saat ini memiliki dan mengoperasikan pipa gas bumi sepanjang lebih dari 7.200 km atau 78 persen pipa gas bumi nasional.

Adapun wilayah operasi PGN mulai dari Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara hingga Papua Barat. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini