Sukses

9 Pos Lintas Batas Negara Diresmikan 12 Desember

Sembilan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dibangun oleh Kementerian PUPR sejak 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyatakan sembilan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang dibangun Kementerian PUPR sejak 2015 lalu akan diresmikan pada 12 Desember 2016 nanti.

Sembilan PLBN tersebut antara lain PLBN Motaain, PLBN Motamasin, PLBN Oepoli dan PLBN Wini di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kemudian di Kalimantan Barat ada PLBN Aruk, PLBN Nanga Badau dan PLBN Entikong, serta PLBN Skouw dan PLBN Waris di Papua.

“Sementara tiga diantaranya yaitu PLBN Wini, Motaain dan Motamasin di Nusa Tenggara Timur (NTT) rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo, pada 12 Desember 2016 ini,” ujar Basuki dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (4/12/2016).

Menurut dia, pembangunan PLBN tersebut menjadi salah satu capaian Kementerian PUPR di perbatasan. Sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) PLBN yang dibangun harus lebih baik dari negara tetangga. Pembangunan PLBN juga merupakan agenda Nawacita pemerintahan dalam membangun Indonesia dari pinggiran.

“Sekali lagi, pembangunan PLBN itu bukan untuk gagah-gagahan tapi adalah untuk menciptakan pusat-pusat ekonomi di perbatasan,” kata dia.

Untuk diketahui bahwa sembilan PLBN yang dibangun tersebut sebelumnya sudah ada namun dianggap tidak layak untuk menjadi pos lintas batas. Sehingga pos lama diratakan dan kemudian dibangun baru.

Dari sembilan, dua PLBN besar yaitu Entikong dan Motaain sudah mulai pembangunannya pada 2015. Sementara tujuh PLBN lainnya baru dimulai pada awal 2016.

Kementerian PUPR tidak hanya membangun PLBN saja namun juga melakukan pengembangan infrastruktur permukiman di kawasan PLBN. Seperti pembangunan jalan, drainase, pengelolaan sampah, air minum dan lainnya.

Sebelumnya, Basuki mengatakan capaian pembangunan infrastruktur berupa fisik dan penyerapan anggaram Kementerian PUPR di 2015 hingga saat ini telah mencapai 76,6 persen. Dirinya menargetkan hingga Desember ini bisa menembus angka 93 persen.‎

"Pada saat ini pencapaiannya sudah sekitar 76,6 persen sehingga nanti di akhir Desember bisa menjadi 90-an persen, dan kalau fisiknya termasuk pembangunan PLBN yang akan diresmikan pada 12 Desember 2016 nanti,” tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini