Sukses

5 Trik Supaya Tidak Boros Saat Datang ke Mal

Kalau Anda termasuk orang yang merasa tiada hari tanpa ke mal, coba buat daftar belanja sebelum pergi.

Liputan6.com, Jakarta - Nongkrong di mal sudah jadi kebiasaan bersantai di akhir pekan terutama bagi warga perkotaan. Tapi jika diikuti dengan lapar mata, pengeluaran pun jadi boros.

Coba bayangkan kalau setiap nongkrong di mal sambil ngopi-ngopi cantik seharga minimal Rp 50 ribu, lalu nonton dengan harga tiket Rp 50 ribu. Kalau dilakukan seminggu dua kali, dalam sebulan Anda sudah mengeluarkan Rp 800 ribu untuk nongkrong di mal.

Padahal jika uang tersebut diinvestasikan selama lima tahun dengan imbal hasil 20 persen per tahun, Anda sudah bisa mendapatkan Rp 82,7 juta! Besar bukan?

Jadi bagaimana supaya tidak boros saat datang ke mal? Ikuti tips berikut ini seperti dikutip CekAja.com:

Boleh nongkrong asal...

Jangan khawatir, bukan berarti Ada jadi tidak bisa nongkrong di mal. Tapi Anda bisa mengurangi minum kopi di kafe dan nonton bioskop. Misalnya jika asalnya seminggu dua kali setiap akhir pekan, Anda bisa mengurangi jadi hanya seminggu sekali. (Baca juga: Trik agar Untung Besar Saat Belanja di Harbolnas 2016)

Punya daftar belanja

Kalau Anda termasuk orang yang merasa tiada hari tanpa ke mal, coba buat daftar belanja sebelum pergi. Hal ini akan menghindarkan Anda dari membeli barang yang tidak perlu.

Bawa uang secukupnya dan jangan bawa uang elektronik

Ketika Anda hanya membawa uang secukupnya dan tidak membawa kartu kredit atau kartu debit, Anda tidak bisa membeli barang mahal yang diinginkan. Meski kartu kredit juga menawarkan banyak keuntungan, godaan untuk menggunakan di luar kemampuan juga besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Datang sendiri


Datang sendiri

Jika Anda datang bersama teman atau saudara ke mal dan melihat mereka membeli sesuatu yang  bagus, wanita terutama biasanya akan berpikir untuk membeli barang yang sama. Padahal sebenarnya barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan.

Dengan datang ke mal sendirian, setidaknya Anda tidak perlu terpengaruh dengan orang lain. (Baca juga: Merasa Gagal di Tahun 2016? Ini Caranya Agar Kamu Tidak Mengulang Resolusi Hidupmu)

Belanja bukan hiburan

Bagi wanita, belanja adalah kegiatan menyenangkan yang bisa menghilangkan stres dan kesedihan. Ketika Anda menganggap belanja sebagai hiburan, akibatnya pengeluaran pun jadi tak terkontrol. Jadi meskipun belanja sangat menyenangkan, jangan dijadikan hobi, olahraga, atau hiburan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini