Sukses

Jokowi Akan Kejar Target Investasi dengan Cara Apapun

Presiden Jokowi mengakui kini sangat sulit memberikan kepastian kepada investor, tidak gampang seperti dulu.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah akan terus mengejar target investasi dengan cara apapun. Pada tahun depan, Indonesia menargetkan investasi yang masuk mencapai Rp 670 triliun, kemudian naik di 2018 menjadi Rp 840 triliun.

"Kalau sudah ada target dengan jurus apapun harus dikejar, seperti pada 2018 target Rp 840 triliun. Keinginan kita paling tidak 45 persen dari PDB kita sehingga ini akan memberikan dampak ke ekonomi yang baik," ujar Jokowi saat membuka acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Jokowi menuturkan, langkah untuk mencapai target tersebut, pertama harus fokus pada investasi dengan mendorong subtitusi barang impor. Kemudian menggenjot mega proyek. Harapannya, ini akan kembali berdampak ke ekonomi.

"Jadi harus betul-betul diselamatkan baik yang berupa investasi US$ 3  miliar, US$ 6 miliar atau US$ 15 miliar," tegas dia.

Lebih lanjut Jokowi mengakui kini sangat sulit memberikan kepastian kepada investor, tidak gampang seperti dulu tapi dia meyakini dengan kebijakan yang kuat dalam investasi bisa mendorong masuk investasi.

"Baik berkaitan dengan petrochemical, baja, migas atau pembangkit," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi