Sukses

Jokowi Bidik 10 Juta Turis China Sambangi RI

Pemerintah menargetkan kedatangan 10 juta turis dari China hingga 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menargetkan kedatangan 10 juta turis dari China hingga tahun 2019. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah Indonesia telah melakukan kesepakatan dengan China agar target tersebut bisa terwujud.

"Kami sudah melakukan kesepakatan dengan Presiden Xi Jinping untuk mendatangkan 10 juta turis dari China sampai 2019. Ini seharusnya bukan sebuah pekerjaan yang sulit, soalnya total turis dari China mencapai 150 juta turis tiap tahun," ungkapnya dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan, Presiden Xi Jinping juga telah mengijinkan maskapai Indonesia untuk mendarat ke sebagian bandara di China. Hal ini dilakukan agar nantinya turis dari China bisa lebih mudah untuk bepergian ke Indonesia.

"Total sudah ada 9 provinsi dan 9 bandara yang diizinkan pemerintah China untuk maskapai Indonesia mendarat di sana," jelasnya.

Jokowi menilai, dengan kedatangannya turis China ini akan memberikan keuntungan besar bagi masyarakat. Ia juga memaparkan bahwa Indonesia seharusnya bisa menarik turis China ini dengan lebih mudah karena jarak yang lebih dekat.

"Total turis China ada 150 juta setiap tahun, tapi memang sebagian besar tersedot ke Amerika dan Eropa. Harusnya Indonesia bisa, karena dari jarak pun Indonesia lebih dekat."

"Dengan kedatangan turis yang banyak ini, akan memberikan manfaat yang besar juga bagi masyarakat terutama di bidang pariwisata," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini