Sukses

3 Cara Sederhana Hemat Waktu dan Uang Saat Libur Akhir Tahun

Ada sejumlah cara untuk menghemat waktu dan biaya menghadapi libur Natal dan Tahun Baru.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan akhir tahun sebentar lagi tiba. Bagi yang merayakan Natal dan tahun baru kegiatan antara lain belanja, membeli hadiah, atau menghias rumah dan pohon natal sudah menjadi kegiatan rutin bersama keluarga. Terkadang waktu serasa tidak cukup dan pastinya banyak uang yang dikeluarkan.

Melansir laman voiceofthevalley, berikut ini ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghemat waktu dan biaya jelang musim liburan:

1. Pikir ulang cara mendekor

Cobalah menukar hiasan bunga-bunga mahal atau karangan bunga di rumah Anda dengan buah-buahan segar, hal ini tidak akan mengurangi nuansa kemeriahan natal, justru menjadi unik dan Anda bisa lebih berhemat.

 
Contohnya Anda bisa menempatkan lemon dan limau dalam mangkuk warna-warni, atau tambahkan pita buah delima di gantungan pintu, sehingga warna merahnya masih memiliki pesan natal.

Cara lain membuat kehangatan di rumah Anda melalui pengaturan meja dan lilin dengan menambah buah pir dan cranberry di sekitarnya. Hal ini selain menampilkan kesan segar, rumah Anda juga akan beraroma wangi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan Fasilitas Layanan Antar

2. Manfaatkan fasilitas layanan antar

Teknologi membuat belanja hadiah dan keperluan Anda menjadi lebih mudah. Demi menghemat waktu, Anda tidak harus pergi ke toko untuk belanja semua keperluan.

Manfaatkan layanan pesan antar dan belanja online, banyak katalog tersedia dari toko-toko dan barangnya tinggal pilih. Cara ini tentu saja selain nyaman, juga hemat pengeluaran karena Anda lebih fokus ke tujuan.

Sementara jika belanja langsung, kadang membuat orang belanja hal-hal yang tidak direncanakan dan uang yang dikeluarkan pun bisa melebihi batas yang dianggarkan.

3. Pilihan saat membeli hadiah

Bila mungkin, utamakan membeli hadiah untuk keluarga dan teman dekat terlebih dahulu, cari hadiah dan tema yang tepat. Biasanya membeli dalam jumlah besar  akan lebih murah daripada Anda membeli barang satuan.

Jangan lupa untuk membandingkan harganya di beberapa toko atau online shopping, taktik ini juga akan membantu Anda untuk hemat waktu dan anggaran.

Tugas dan beban yang menumpuk selama musim liburan memang menguras waktu, tenaga dan biaya, bahkan membuat stres, tetapi dengan beberapa strategi sederhana yang dapat Anda terapkan, setidaknya akan menjauhkan Anda dari stres dan membuat perayaan natal serta tahun baru Anda jauh lebih bermakna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini