Sukses

Jangan Pernah Tanyakan 4 Hal Ini ke Atasan Anda

Jika Anda salah sedikit saja dalam bertanya ke atasan, itu bisa berpengaruh ke nasib karier Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin Anda yang ramah dan senang mengajukan beberapa pertanyaan ketika bertemu orang-orang dengan tujuan untuk mencairkan suasana atau untuk mempelajari segala sesuatu yang baru.

Akan tetapi, Anda tetap harus berhati-hati dalam mengajukan pertanyaan karena jika sampai salah bertanya justru malah akan menempatkan Anda dalam beberapa situasi yang sangat canggung.

Termasuk saat di kantor. Jika Anda salah sedikit saja dalam bertanya, apalagi jika sampai menyinggung atasan Anda, tentu hal tersebut akan membawa Anda dalam masalah besar.

Lalu apa saja sebenarnya pertanyaan yang tidak boleh diajukan kepada atasan? Berikut empat pertanyaan yang jangan pernah ditanyakan kepada atasan Anda, dilansir dari laman Cheatsheet.com, Kamis (8/12/2016):

 1. "Apa Anda mendapat permintaan berteman dari saya di Facebook?"

"Apakah Anda mendapatkan permintaan teman saya?"

Jika Anda masih belum terlalu dekat dengan atasan atau Anda masih merupakan karyawan baru di perusahaan, sebaiknya jangan mengirim permintaan pertemanan kepada atasan di Facebook atau media sosial lainnya. Hal tersebut tentunya justru membuat atasan tidak nyaman karena harus membagi momen pribadinya dengan Anda.

Anda baru diperbolehkan mengirim permintaan pertemanan jika kantor Anda mendorong rekan kerja dan pengawas menjadi lebih akrab, serta Anda telah saling kenal dengan atasan dalam waktu yang lama dan benar-benar telah menjadi teman.

 

2. "Kapan Anda pensiun? Saya ingin berada di posisi Anda suatu hari nanti."

"Kapan Anda pensiun? Saya ingin pekerjaan Anda suatu hari nanti."

Jangan pernah mengajukan pertanyaan ini kepada atasan. Selain pertanyaan ini kasar, pertanyaan ini juga menunjukkan bahwa diri Anda hanya peduli pada kemajuan karier Anda dan mengabaikan aturan sopan santun.

Mungkin Anda memang ingin jabatan atasan Anda, namun sebaiknya jangan sampai atasan tahu tentang hal itu. Ada cara lain pula yang dapat Anda lakukan selain menunggu atasan pensiun, yaitu dengan beralih ke perusahaan lain, mencoba peran lain dalam perusahaan saat ini, atau memulai bisnis Anda sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. "Kapan saya naik gaji?"

"Bolehkah saya memiliki lebih banyak uang?"

Jangan pernah mengajukan pertanyaan ini jika Anda tidak melakukan apa-apa untuk perusahaan. Jangan pernah pula saat mengajukan pertanyaan ini, Anda mengungkapkan bahwa Anda sedang banyak utang.

Sekalipun Anda melakukan penelitian dan memiliki daftar karya terbaru yang siap untuk ditinjau oleh atasan Anda, jangan juga mengajukan pertanyaan ini. Biarkan atasan yang menilai kerja Anda.

 

4. "Bisakah kita pergi berkencan?"

"Bisakah kita pergi berkencan?"

Kencan dengan atasan mungkin terdengar tidak seperti ide yang bagus. Jika Anda putus dengan atasan, kemungkinan besar Anda juga akan kehilangan pekerjaan.

Selain itu, jika Anda salah bertanya dalam mengajak kencan, atasan Anda justru bisa menafsirkannya sebagai pelecehan. Tentu malah menjadi buruk bukan? (Fitriana Monica Sari)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini