Sukses

Orang Kaya AS Rata-Rata Punya 9 Rumah

Banyak orang kaya AS memiliki aset properti di Meksiko dan Karibia. Ini lantaran faktor kedekatan dengan Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika Anda menjadi seorang miliarder, di manakah Anda akan memiliki rumah? Bagaimana kalau memiliki sembilan rumah?

Orang super kaya Amerika Serikat sebagian besar memiliki aset propertinya di Amerika Serikat (AS). Hal itu berdasarkan studi terbaru AIG Private Client Group, division of American International Group yang menjaring klien-klien super kaya. Klien ini memiliki asuransi premium mencapai US$ 250 ribu per tahun. Sebagian klien tersebut termasuk 40 persen dari 400 orang kaya di AS.

Rata-rata orang kaya AS memiliki sembilan rumah di luar negeri, dengan komposisi lebih dari 50 persen berlokasi di Amerika. Kepemilikan itu termasuk berlokasi di Meksiko sebanyak 14 persen, 13 persen di Bahama, dan 9 persen di Karibia.  Beberapa memiliki aset properti di Eropa dengan komposisi 12 persen di Inggris dan 9 persen di Prancis.

Presiden US and Canada AIG Private Client Group Jerry Hourihan menuturkan, divisinya fokus melayani individu super kaya.

"Makin lama kami melihat bantuan untuk mencari rumah di luar negeri, dan barang lainnya antara lain kolekasi senin dan mobil untuk diakuisisi. Kami sedikit terkejut dengan kebutuhan jasa ini," ujar dia seperti dikutip dari laman Marketwatch, Rabu (7/12/2016).

Ia menuturkan, banyak orang kaya AS memiliki aset properti di Meksiko dan Karibia. Ini tak heran mengingat faktor jarak kedekatan dengan AS dan iklimnya.

Sebagai tambahan,rata-rata orang kaya ini juga menggunakan 19 kendaraan, mengasuransikan US$ 1,7 juta perhiasannya, dan asuransi untuk seni mencapai US$ 19,6 juta.

AIG juga memberikan asuransi untuk yachts dan aset lainnya yang bernilai tinggi.Perusahaan asuransi kini melindungi aset para masyarakat super kaya. Ini juga dilakukan Lloyd's of London yang  meng-cover asuransi perhiasan Kim Kardashian yang dicuri.

Survei global lainnya juga menunjukkan kalau orang kaya memiliki dua properti residence untuk setiap rumah tangga. Ini berdasarkan laporan Wealth-X dan broker properti mewah Sotheby's  International Realty.

Dari studi itu juga disebutkan kalau orang kaya lebih  memiliki punya rumah untuk berlibur di  AS,Inggris, Swiss dan Prancis. Adapun studi tersebut  ditujukan kepada orang super kaya memiliki aset sekitar US$ 30 juta atau sekitar Rp 403 miliar  (asumsi kurs Rp 13.443 per dolar Amerika Serikat).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.