Sukses

7 Cara Ampuh Hemat Uang di 2017

Banyak orang yang berharap bisa menjadi lebih baik di tahun yang baru, termasuk diantaranya memiliki kondisi finansial yang bagus.

Liputan6.com, Jakarta - Penghujung tahun 2016 sudah di depan mata. Tak berapa lama lagi, tahun 2017 pun akan segera tiba. Banyak orang yang berharap bisa menjadi lebih baik di tahun yang baru, termasuk diantaranya memiliki kondisi finansial yang membaik dari tahun sebelumnya.

Satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kondisi keuangan lebih baik adalah dengan mengatur pengeluaran dan menghemat lebih banyak. Walau terkadang sulit, menghemat uang bukan cara yang mustahil apabila Anda tahu caranya.

Berikut 7 cara ampuh untuk berhemat di tahun yang baru dilansir dari Bankrate.com, Sabtu (10/12/2016):

1. Menentukan target menabung

Anda pun harus menentukan target jumlah uang yang ingin dikumpulkan sebelum menabung. Hal ini membuat Anda lebih mudah untuk mengatur jumlah uang yang harus Anda sisihkan tiap bulannya.

2. Memilih tabungan dengan cermat

Setiap bank memberikan manfaat serta keuntungannya tersendiri apabila Anda menyimpan uang di rekening mereka. Anda juga harus cermat untuk memilih tabungan. Jangan sampai tabungan yang dipilih justru terlalu banyak mengambil biaya administrasi sehingga merugikan Anda.

3. Menabung otomatis

Ada kalanya Anda merasa tidak bisa disiplin untuk menabung sesuai perencanaan awal. Apabila hal ini terjadi pada Anda, Anda dapat memakai fasilitas tabungan otomatis sehingga dana tabungan bisa secara otomatis dipotong dari pendapatan yang Anda dapatkan tiap bulannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buat dana darurat

4. Buat dana darurat

Dana darurat berfungsi sebagai dana penyimpanan apabila Anda menghadapi situasi yang tidak disangka sebelumnya. Dana ini harus disiapkan terpisah dari uang tabungan.

5. Monitor pengeluaran bulanan

Jangan lupa untuk selalu mengecek pengeluaran bulanan yang Anda lakukan. Anda pun bisa membuat laporan tersendiri agar lebih mudah menilai pengeluaran yang Anda lakukan.

6. Pintar saat berbelanja

Anda juga harus bisa pintar memanfaatkan kondisi keuangan saat berbelanja. Cobalah untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan untuk menghemat pengeluaran.

7. Manfaatkan aplikasi

Di era teknologi yang sudah maju seperti sekarang ini, Anda bisa memanfaatkan teknologi sebagai cara untuk memudahkan Anda mengatur kondisi keuangan.

Aplikasi ini bisa membantu Anda memonitor keadaan keuangan sehingga Anda pun bisa dengan mudah berhati-hati apabila ada kondisi keuangan sudah tidak dalam batas wajar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini