Sukses

Pertamina Jamin Stok BBM dan Elpiji Aman Pasca Gempa Aceh

Saat ini distribusi BBM ke masyarakat tetap berjalan dan stok dipastikan mencukupi.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) menyatakan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan elpiji cukup untuk memenuhi kebutuhan di Aceh, pasca gempa berkekuatan 6,4 SR melanda beberapa wilayah di provinsi ini.

Vice Presiden Corporate Communication PT Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, stok BBM di wilayah Aceh dan sekitarnya saat ini tersedia dalam jumlah yang cukup. Stok Premium mencapai 6.447 kiloliter (kl) dan Solar 11.024 kiloliter.

Demikian pula pada ketersediaan stok elpiji. "Elpiji juga tersedia dalam jumlah yang cukup dan pasokan akan terus ditambah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Wianda, di Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Menurut Wianda, dari hasil pendataan sementara, di wilayah Pidie Jaya terdapat  tiga SPBU yang rusak akibat gempa, yaitu 14.241.413, 14.241.469 dan 14.241.483.

Meski demikian, di dekat SPBU yang rusak akibat gempa tersebut, masih ada yang tidak mengalami‎ kerusakan. SPBU tersebut yang masih bisa melayani masyarakat.

Wianda mengungkapkan, saat ini distribusi BBM ke masyarakat tetap berjalan. Masyarakat pun diarahkan untuk mengisi BBM pada SPBU yang tidak terkena kerusakan.

Kembali dia memastikan, gempa tidak mengganggu operasional Pertamina. Sebab seluruh fasilitas tidak mengalami kerusakan sehingga operasional tetap berjalan normal.

Adapun Pertamina memiliki lima Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) dan satu Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) di Aceh.

"Pengecekan segera dilakukan setelah guncangan gempa, dan tidak ditemukan kerusakan di seluruh fasilitas tersebut, yakni di TBBM Sabang, Lhokseumawe, Meulaboh, Krueng Raya dan Simeulue serta DPPU Sultan Iskandar Muda," tutup Wianda. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BBM atau Bahan Bakar Minyak adalah materi apapun yang bisa diubah menjadi energi.

    BBM

  • Gempa Aceh

  • Elpiji