Sukses

Dampak Gempa Aceh, Listrik di Wilayah Ini Masih Padam

PT PLN (Persero) masih melakukan pemadaman listrik di beberapa wilayah Aceh

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) masih melakukan pemadaman listrik di beberapa wilayah Aceh, karena rusaknya infrastruktur kelistrikan akibat gempa dengan kekuatan 6,4 Skala Richter (SR), pada Rabu pagi (7/12/2016).

Direktur Bisnis Regional ‎Sumatera PLN Amir Rosidin mengatakan, ‎pemadaman listrik masih terjadi di area Lhokseumawe Rayon Samalangan yang terdekat dengan pusat gempa. Daya yang dipadamkan sebesar 0,8 Mega Watt (MW). Pemadaman dilakukan karena 3 tiang listrik mengalami patah. Saat ini dalam proses pemulihan.

"Masih ada satu Penyulang padam di Area Lhokseumawe Rayon Samalanganyang terdekat dengan pusat gempa," kata Amir, saat berbincang, dengan Liputan6.com, di Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Amir melanjutkan, wilayah lain yang mengalami pemadaman yaitu Area Sigli Rayon Merdue. Wilayah ini terdekat dengan lokasi pusat gempa‎ dan daya yang dipadamkan 3,3 MW, akibat rubuhnya 8 tiang.

"Masih ada dua Penyulang di Area Sigli Rayon Merdue (terdekat dengan lokasi Pusat gempa) saat ini dalam perbaikan pemulihan," ucap Amir.

Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah Aceh T. Bahrul Halid‎ mengatakan, akibat gempa merusak beberapa bangunan dan infrastruktur kelistrikan yang ada di wilayah tersebut, yaitu 84 trafo distribusi. Saat ini perlu pemulihan lebih lanjut akibat jatuh dari posisinya yang berada di atas tanah.

Kabel jaringan listrik tegangan menengah sepanjang 500 meter sirkuit (ms) di Samalanga dan 25 kilometer sirkit (kms) di Meureudu-Beurenun juga ikut mengalami kerusakan. Sementara itu, jaringan listrik Tegangan Menegah mengalami kerusakan akibat roboh, yakni sebanyak 48 tiang dan Tegangan Rendah sebanyak 60 tiang.

Menurut Bahrul, kerusakan yang mengganggu sistem kelistrikan tersebut menyebabkan listrik tidak tersalurkan sebesar 500 kilowatt (kW) di Samalangan dan 6 megawatt (MW) di Beureunun-Meureudu. Area di Samalangan, Meureudu dan Beureunun sempat mengalami pemadaman listrik sesaat setelah gempa yang berdampak pada sekitar 40 ribu pelanggan PLN.

"Lokasi kerusakan tersebut berada di 3 titik, yakni Samalanga, Meureudu dan Beureun," ‎tutup Bahrul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.