Sukses

Jakarta Timur Jadi Primadona Baru Para Pencari Rumah

Liputan6.com, Jakarta Wilayah Jakarta Timur kini menjadi primadona baru bagi para pencari rumah. Pembangunan berbagai moda transportasi dan gedung perkantoran memberikan dampak pada meningkatkan permintaan tempat tinggal di wilayah tersebut.

Country Manager Rumah.com, Wasudewan mengatakan,‎ dari data traffic pencari rumah di portal Rumah.com, Jakarta Selatan memang selalu menempati posisi pertama. Namun muncul wilayah baru yang menjadi incaran para pencari rumah, yaitu Jakarta Timur dan Bekasi.

"Data pencarian properti dari 3-4 bulan lalu kita lihat Jakarta Selatan masih jadi nomor 1, kita lihat ada daerah seperti Bintaro, Bogor, Bekasi, masuk Jakarta Timur. Jakarta Timur ini lompatnya cukup jauh," ujar dia dalam konferensi pers Indonesia Real Estate Summit 2016 di Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Wasudewan mengatakan, alasan Jakarta Timur menjadi lokasi yang dicari masyarakat untuk tempat tinggal karena adanya proyek pembangunan moda transportasi kereta cepat Jakarta-Bandung dan LRT.

"Kenapa? Karena memang merupakan jalur yang dilewati kereta cepat Jakarta-Bandung, yaitu di titik di Halim jadi stasiun kereta cepat.‎ Juga pembangunan di Jakarta Timur seperti LRT, ini menciptakan demand yang tinggi yang ada di sekitar LRT. Juga sepanjang Cibubur ke Sentul juga LRT," kata dia.

Selain itu, meningkatkan tren pencarian tempat tinggal di Jakarta Timur juga didorong pembangunan gedung perkantoran di sekitar jalan TB Simatupang. Hal ini membuat masyarakat mencari rumah yang dekat dengan lokasi kerjanya.

"Kalau kita lihat ternyata ada 14 gedung perkantoran dari 2014 sampai 2017 di sekitar TB Simatupang. Bayangkan kalau satu gedung punya 2.000 karyawan, bakal ada 30 ribu karyawan dalam 3 tahun ke depan. Mereka butuh rumah di sekitar Cijantung, makanya muncul apartemen di Cijantung, Taman Mini, demandnya tinggi," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini