Sukses

Simak 6 Cara Memaksimalkan Uang Bonus di Akhir Tahun

Libur akhir tahun 2016 sebentar lagi akan tiba. Tentu banyak perusahaan yang akan membagi-bagikan bonus liburan untuk para pegawainya.

Liputan6.com, Jakarta Libur akhir tahun 2016 sebentar lagi tiba. Di akhir tahun, banyak perusahaan yang memutuskan untuk membagikan bonus kepada para pegawainya sebagai apresiasi atas kerja keras mereka selama satu tahun.

Uang bonus yang didapat tentu dapat digunakan dalam segala macam cara yang berguna oleh pekerja. Akan tetapi, masih banyak orang yang jatuh dalam perangkap dan menghabiskan uang yang didapat hanya untuk kepentingan diri sendiri dan akhirnya hanya terbuang sia-sia.

Lalu, sebenarnya bagaimana cara yang tepat memaksimalkan bonus liburan? Melansir laman money.usnews.com, Senin (12/12/2016), berikut enam cara memaksimalkan bonus liburan yang dapat Anda:

 1. Membayar utang

Membayar utang

Bukankah percuma rasanya jika memiliki bonus liburan, namun utang masih tetap ada? Oleh karena itu, sebaiknya Anda dapat menggunakan uang bonus untuk meringankan utang.

Anda tidak harus menggunakan semua uang bonus untuk membayar utang. Namun dapat mengakalinya dengan memberi sebagian uang bonus untuk membayar utang dan sebagian lainnya dapat digunakan untuk kebutuhan lain.

 2. Menyumbang

Menyumbang

Bukankah lebih mulia jika Anda ikut membagi kebahagiaan dengan yang lain?. Anda dapat menyisihkan beberapa persen uang bonus untuk disumbangkan kepada organisasi amal atau orang yang membutuhkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meningkatkan nilai rumah

3. Meningkatkan nilai rumah

Meningkatkan nilai rumah

Mungkin menghabiskan uang untuk makan malam dan liburan terdengar cukup bagus, namun mengapa tidak memikirkan cara lain dalam memaksimalkan uang bonus yang sudah susah payah Anda dapatkan?

Anda dapat menggunakan uang bonus pada sesuatu yang nyata agar uang itu tidak hilang begitu saja. Salah satu cara terbaik dengan berinvestasi di rumah dengan membuat pembaruan yang diperlukan atau perbaikan.

Dengan cara itu, tentu dapat meningkatkan kualitas hidup dan juga menambah nilai jangka panjang yang mungkin aset terbesar Anda.

4. Beli produk pengamanan pribadi

Beli beberapa ketenangan pikiran

Cara lain untuk menggunakan bonus liburan, yaitu memastikan keamanan bagi diri sendiri. Anda dapat membeli asuransi jiwa, asuransi perawatan jangka panjang, atau membangun dana darurat. Ini merupakan hal yang lebih penting daripada Anda menghabiskan uang dengan percuma.

3 dari 3 halaman

Investasi dengan wajar

5. Investasi dengan wajar

Investasi sewajarnya

Banyak orang tergoda menghabiskan bonus liburan untuk investasi saham karena harga saham yang terus mengalami kenaikan tajam. Namun, apa jadinya jika pasar saham harus turun setelah tahun baru? Bukankah semua uang bonus yang diinvestasikan akan hilang dalam sekejap mata?

Sebab itu sebaiknya Anda berinvestasi sewajarnya. Jangan sampai menaruh semua bonus liburan Anda ke sana. Anda dapat berinvestasi dari hasil sebagian bonus, dan sebagian bonus lainnya dapat digunakan untuk beberapa tujuan yang lebih penting.

6. Mengapresiasi diri sendiri

Mengapresiasi diri sendiri

Atas kerja keras yang telah Anda lakukan selama ini, Anda perlu untuk mengapresiasi diri sendiri. Anda tidak harus menghabiskan seluruh bonus secara singkat. Tapi berbelanja keperluan untuk diri sendiri tetap diperbolehkah.

Sebaiknya saat berbelanja jangan berlebihan karena tentu Anda tetap harus menyimpan sebagian uang untuk hal yang lebih penting.

Menjadi pintar dengan bonus liburan berarti tidak akan membuatnya berada di sini hari ini dan membiarkan pergi esok. Namun sebaliknya, bonus liburan akan berada di sini hari ini dan menuai manfaat untuk Anda esok. (Fitriana Monica Sari)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini