Sukses

Uang Terbatas dan Ingin Kaya? Ini Caranya

Kaya adalah suatu kondisi di mana Anda mempunyai sesuatu yang tak terbatas jumlahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kaya sering disalahartikan dengan banyaknya harta (uang) yang Anda miliki. Padahal nyatanya, kaya tidak berarti memiliki uang atau harta berlimpah saja. Kaya adalah suatu kondisi di mana Anda mempunyai sesuatu yang tak terbatas jumlahnya, di mana dapat menimbulkan rasa senang pada diri sendiri.

Kaya juga kondisi yang relatif yang tidak dipengaruhi oleh banyaknya jumlah uang. Uang yang terbatas tidak menjamin seseorang menjadi tidak kaya, begitu pula sebaliknya. Anda dapat merasa tidak kaya walaupun telah memiliki Rp 10 miliar.

Tentunya, semua orang ingin kaya, di bawah ini adalah beberapa cara untuk menjadi kaya dengan uang yang terbatas seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Memelihara kesehatan

Kesehatan adalah harta yang paling berharga. Bayangkan apa yang dapat dilakukan dengan hidup Anda jika sedang dalam keadaan sakit?

Apa yang akan terjadi pada seluruh harta jika Anda terserang penyakit? Oleh karena itu, jika ingin kaya, peliharalah kesehatan Anda. Karena lebih baik menjaga daripada mengobati bukan?

2. Belajar menerima keadaan

Terbuka dan belajar menerima diri sendiri adalah cara lain untuk menjadi kaya. Ketika sadar bahwa Anda tidak mempunyai kuasa untuk mengontrol segala sesuatu sesuai dengan keinginan, Anda akan lebih bersyukur atas apa yang miliki sekarang. Anda pun dapat menjalankan hidup dengan lebih damai.

3. Memberikan kebebasan pada diri sendiri

Dapat bebas pergi ke mana pun yang Anda harapkan, melakukan hal yang disukai dan tinggal di mana pun di tempat yang inginkan merupakan kekayaan diri sendiri.

Kebebasan ini bukan berarti Anda dapat bebas menghamburkan uang, tetapi lebih kepada cara untuk dapat hdup tenang tanpa terlalu terikat dengan apa yang Anda miliki. Melepaskan tekanan dari hal hal yang mengikat adalah cara ketiga untuk menjadi kaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hidup tanpa utang

4. Hidup tanpa utang

Berapa banyak orang yang Anda temui yang nyatanya memiliki seluruh aset mereka melalui utang bank? Kredit yang tidak kunjung selesai dapat menjadi suatu masalah dasar pada hidup seseorang.

Bagaimana dapat hidup kaya jika yang Anda pikirkan setiap hari hanyalah utang? Bebaskan diri dari utang, dengan begitu Anda akan lebih merasa kaya.

5. Memiliki keluarga yang rukun serta koneksi sosial yang baik

Memiliki koneksi sosial yang baik dapat membuat diri sendiri merasa bahwa kita adalah bagian dari sesuatu. Pengalaman yang didapatkan dari koneksi antar keluarga serta sosial juga meningkatkan value hidup Anda.

Teknologi yang kian berkembang sering menghilangkan esensi sebuah keluarga, banyak yang menganggap bahwa dengan membeli televisi yang besar, akan menambah waktu yang dihabiskan bersama dengan keluarga. Padahal untuk meningkatkan ikatan antar keluarga, Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak uang.

6. Murah hati

Riset membuktikan bahwa alasan di balik seseorang melakukan bunuh diri mayoritas disebabkan karena mereka tidak memiliki arti dan tujuan mereka hidup. Dengan bermurah hati, Anda dapat memberikan makna pada hidup karena dapat membantu orang lain walaupun dengan dana yang seadanya.

Murah hati dapat membuat diri menjadi lebih bahagia karena sudah melakukan tindakan yang berarti dan hal ini akan menjadikan Anda lebih kaya.

3 dari 3 halaman

Kreatif

7. Kreatif

Kreatif menjadikan Anda kaya? Mengapa tidak? Kreatif adalah suatu kualitas diri di mana anda dapat menggunakan keahlian dan potensi yang dimiliki untuk menciptakan sesuatu.

Misalkan Anda tidak mempunyai cukup uang untuk membelikan anak mainan, tetapi dengan kreativitas mampu memberikan anak kesempatan bermain tanpa memerlukan peralatan tersebut misalkan saja dengan bermain kuda-kudaan atau semacamnya.

Anda dapat menjadi kreatif di berbagai aspek kehidupan dan melihat hidup dengan cara yang berbeda. Dengan ini, Anda pun akan menjadi semakin kaya.

Kaya mulai dari diri sendiri

Menjadi kaya tidaklah sesulit yang dibayangkan, tetapi prosesnya harus dimulai dari diri sendiri. Tidak mungkin Anda menjadi kaya jika selalu terpaku pada apa yang dimiliki dan dilakukan oleh orang lain. Selalu melihat masalah dari sudut pandang yang positif adalah kunci keberhasilan dari 7 cara yang disebutkan di atas.

Refleksikan kepositifan dengan senyum dan sikap yang lemah lembut. Perlahan Anda akan sadar bahwa uang bukanlah faktor utama kekayaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.