Sukses

Lewat 6 Hobi Ini, Tabungan Kamu Bakal Makin Gemuk

Dengan memanfaatkan hobi yang kamu miliki, hal ini sungguh memungkinkan untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja adalah langkah yang dilakukan orang-orang untuk memperoleh uang atau pendapatan, yang nantinya sebagian dari sisa uang yang diperoleh disimpan ke dalam bentuk tabungan.

Namun miris dan menjengkelkan rasanya jika uang yang diperoleh ternyata tidak bisa mencukupi kebutuhan kamu, sehingga kesempatan untuk menabung tidak bisa dilakukan.

Lalu hal apa yang akan kamu lakukan untuk mencegah hal ini? Mencari penghasilan tambahan. Ya jawaban yang sangat tepat sekali. Sepulang kerja kantor, kamu bisa saja melakukan kegiatan lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan seperti berdagang.

Tak hanya orang yang sudah bekerja saja yang bisa mendapatkan penghasilan tambahan, namun mahasiswa atau pelajar SMA juga bisa loh. Dengan memanfaatkan hobi yang kamu miliki, hal ini sungguh memungkinkan untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Apalagi jika kamu memanfaatkan hobi yang dimiliki secara tekun, pasti hal ini akan semakin menggiurkan. Berbicara tentang menambah pendapatan dari hobi, apa saja sebenarnya hobi yang bisa menghasilkan uang?

Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Fotografi

Fotografi adalah hobi yang sangat menyenangkan sekaligus bisa menambah pundi-pundi rupiah. Karena pada saat ini, hampir semua orang senang berfoto dan ingin mengabadikan momen-momen istimewanya.

Kamu bisa mengikuti event sebagai fotografer lepas di daerah tempat tinggalmu. Atau kamu bisa memamerkan hasil jepretanmu di situs-situs fotografi online yang ada.

Cobalah cari referensinya di internet. Jika sewaktu-waktu hasil jepretan yang kamu miliki diminati, maka akan memungkinkan jika kamu disewa untuk acara-acara atau event-event tertentu misalnya event di mal, seminar nasional, di kampus, atau di tempat lainnya.

2. Menulis

Cobalah untuk menjadi freelance writer atau penulis lepas dari berbagai situs di internet atau media cetak. Untuk menjadi penulis lepas bukanlah merupakan hal yang sulit karena kamu cukup mendaftarkan diri di berbagai situs di internet atau media cetak.

Biasanya fee atau bayaran yang diterima bergantung pada jumlah kata yang telah dikerjakan atau jumlah artikel yang dibuat per harinya. Seperti yang dikutip dari berbagai media, fee-nya berkisar antara 20.000 hingga 25.000 per harinya.

Selain untuk memperoleh pendapatan tambahan, ternyata dengan menulis kamu juga bisa menambah skill atau kemampuan dalam menyampaikan ilmu yang kamu miliki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahasa Inggris

3. Berbahasa Asing

Tawarkan dirimu pada berbagai media cetak untuk menerjemahkan kalimat dari bahasa asing-Indonesia atau sebaliknya. Maka kamu akan menerima bayaran sesuai dengan tingkat kesulitan bahasa yang kamu hadapi. Selain sebagai translator, kamu juga bisa memanfaatkan kemampuan bahasa asingmu ini untuk menjadi tour guide dalam suatu event tertentu.

Banyaknya pembukaan lowongan pekerjaan untuk jasa tour guide pada sebuah travel bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Waktu yang dibutuhkan sangatlah fleksibel, dan tidak monoton. Bisa mengasah kemampuan dalam berkomunikasi dengan turis dan jalan-jalan gratis. Mengapa tidak?

4. Berjualan Olshop (Online Shopping)

Bagi kalangan mahasiswa, mungkin pekerjaan yang satu ini adalah pekerjaan yang paling populer dan banyak digeluti saat ini. Kamu tidak perlu memproduksi sendiri barang yang akan dijual, namun yang dilakukan adalah membeli dan menjual kembali produk yang telah kamu beli tadi dengan harga yang sedikit lebih tinggi untuk memperoleh keuntungan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan produk apa yang akan dijual. Lalu kamu bisa mencari toko mana yang bersedia untuk menerima calon reseller.

Setelah berhasil mendaftarkan diri menjadi reseller, cobalah jajakan barang dagangan itu di akun media sosial atau website tertentu yang menyediakan jasa berjualan.

3 dari 3 halaman

Memasak

5. Memasak

Punya hobi memasak, dan masakan yang kamu buat memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat? Jangan sungkan untuk membuka toko makanan atau memasang iklan di website/blog tertentu dan mulailah untuk memamerkan masakan apa saja yang telah kamu buat.

Atau kamu juga bisa memamerkannya lewat video yang diunggah di Youtube dengan menampilkan cara atau langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat suatu produk makanan. Jika banyak orang yang menonton video itu, bisa dibayangkan berapa jumlah pundi-pundi uang yang akan diterima.

6. Guru Les

Menjadi guru les privat untuk anak SD atau SMP mungkin bisa kamu lakukan di sela-sela kesibukan. Untuk menjadi guru les privat, usahakan untuk menguasai materi pelajaran mereka terlebih dahulu agar nanti lebih mudah untuk menjelaskannya kepada mereka.

Memang untuk menjadi guru les dibutuhkan kesabaran ekstra karena sifat dari tiap anak yang akan akan ajari berbeda-beda. Namun hal ini tidak salah untuk dicoba jika nyatanya pekerjaan ini bisa menambah uang di tabungan kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini