Sukses

Bahu-membahu untuk Korban Gempa Aceh

Pos Indonesia tak akan memungut bayaran untuk pengiriman bantuan maupun donasi dalam bentuk uang dari seluruh wilayah di Indonesia ke Aceh.

Liputan6.com, Jakarta - Semangat gotong-royong di Indonesia sangat besar. Tak heran, di saat salah satu saudara tertimpa musibah maka yang lain akan hadir untuk membantu. Begitu pula yang terjadi usai gempa 6,5 Skala Richter mengguncang Pidie Jaya, Aceh, beberapa perusahaan langsung mengirimkan bantuan kepada korban gempa Aceh.

Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain PT Pos Indonesia (Persero), maskapai penerbangan berbiaya murah Citilink Indonesia, perusahaan pelayaran yang tergabung dalam Indonesian National Shipowners Association (INSA) dan beberapa lainnya.

Untuk membantu korban gempa Aceh, Pos Indonesia tak akan memungut bayaran untuk pengiriman bantuan maupun donasi dalam bentuk uang dari seluruh wilayah di Indonesia ke Aceh.

Direktur Utama Pos Indonesia Gilarsi W Setijono mengajak seluruh masyarakat yang ingin memberikan bantuan pada korban gempa di Aceh untuk memanfaatkan jasa pengiriman Pos Indonesia secara gratis dalam bentuk paketpos dengan maksimal 20 kilogram setiap kolinya.

"Jika lebih dari 20 kilogram bisa dipisah menjadi beberapa paket dan isinya bukan cairan," jelas Gilarsi, Jumat (9/10/2016).

Dia mengatakan Pos Indonesia akan memaksimalkan pengalaman dan jaringan perusahaan di seluruh Indonesia untuk mengirimkan bantuan ke korban gempa Aceh.

“Pos Indonesia siap mengirim semua sumbangan tersebut, untuk sementara ini kebutuhan pengungsi yang kami tahu antara lain popok bayi, handuk, obat-obatan, perlengkapan sanitasi wanita, perlengkapan mandi, selimut, dan perlengkapan mandi, cukup diserahkan ke semua kantor Pos terdekat seluruh Indonesia untuk kami salurkan pada korban gempa Aceh,” tambahnya.

Sama seperti halnya bantuan barang, masih kata Gilarsi, masyarakat yang hendak memberikan donasi uang bisa mendatangi kantor Pos seluruh Indonesia. Dia juga mengingatkan bahwa fasilitas bebas biaya pengiriman ini hanya dapat dilakukan di kantor Pos Indonesia, tidak termasuk kantor pos agensi atau Agenpos.

Sedangkan Citilink Indonesia menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) mengangkut 11 Ton logistik barang yang akan disalurkan untuk membantu masyarakat yang menjadi korban gempa Aceh.

Bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Direktur Keuangan Citilink Indonesia Mega Satria dan Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Arifin Muhammad Hadi di Banda Aceh, Jumat ini.

Mega mengatakan bahwa ini merupakan salah satu wujud kepedulian Citilink terhadap masyarakat Indonesia. Menurutnya, sejak awal berdirinya Citilink memiliki komitmen untuk menjadi perusahaan yang dekat di hati masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan bisnis yang dilakukan oleh Citilink manfaatnya juga harus dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

Barang-barang bantuan tersebut diterbangkan dari Jakarta dan terdiri dari 11 Ton logistik yang terdiri dari family kit, hygiene kit, selimut, terpal, rompi, dan kantong jenazah.

Sedangkan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) INSA, Carmelita Hartoto mengatakan, pihaknya akan segera mengirimkan bantuan yang bisa meringankan penderitaan warga korban gempa Aceh.

"Kami salut dengan anggota-‎anggota di Dewan Pimpinan‎ Cabang (DPC) INSA di daerah yang begitu proaktif menyalurkan bantuan. Dan kami dari DPP menyambut baik dan siap mengkoordir bantuan tersebut," kata Carmelita.

Ia mengaku dalam merespons keinginan dari para DPC INSA tersebut‎ pihaknya akan membuat posko penerimaan bantuan dari anggota-anggotanya. Sehingga dalam waktu dekat ini pihaknya akan menyerahkan bantuan tersebut kepada rakyat Aceh yang menjadi korban. (Gdn/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pos Indonesia adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang layanan pos.

    Pos Indonesia

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Citilink adalah salah satu perusahaan maskapai penerbangan di Indonesia. Ini adalah anak perusahaan dari Garuda Indonesia.

    Citilink

  • INSA adalah singkatan dari Indonesian National Shipowner's Association.

    INSA

  • Gempa Aceh

Video Terkini